• Sabtu, 22 Januari 2022

Filosofi Wanita Jawa

RHS
- Sabtu, 11 November 2017 | 04:31 WIB
(Foto: istimewa)
(Foto: istimewa)

Kawruh, beritajowo.com - Istilah wanita itu sendiri berasal dari bahasa Jawa, wani dan tata.

Dalam perkawinan, ada yang mengistilahkan dengan kanca wingking. Yang berarti bahwa perempuan adalah teman di dapur, dan hal itu akan mewarnai kehidupan perkawinan pasutri Jawa.

Konsep swarga nunut, neraka katut (ke surga ikut, ke neraka pun turut), menggambarkan posisi perempuan Jawa yang lemah sebagai seorang istri.

Selain itu ada juga konsep mengenai istri sebagai sigaraning nyawa. Hal ini juga memberikan gambaran posisi yang sejajar dan lebih egaliter terhadap perempuan Jawa.

Istilah konco wingking pun tidak selalu lebih rendah, tergantung bagaimana perempuan Jawa memaknainya. Sama seperti sutradara yang bekerja di belakang layar dan tidak pernah terlihat dalam filmnya tetapi dapat menentukan jalannya film.

Sebelum mengupas filosofi tentang perempuan atau gadis Jawa, ada baiknya kita kenal dulu apa arti kata perempuan atau wanita. Setidaknya ada empat term di Jawa yang digunakan untuk menyebut perempuan.

- Wadon
Berasal dari bahasa Kawi "Wadu" yang artinya kawula atau abdi. Secara istilah diartikan bahwa perempuan dititahkan di dunia ini sebagai abdi laki-laki.

- Wanita
Kata wanita tebentuk dari dua kata bahasa Jawa (kerata basa), Wani yang berarti berani dan Tata yang berarti teratur. Kerata basa ini mengandung dua pengertian yang berbeda. Pertama, Wani ditata yang artinya berani (mau) diatur. Dan yang kedua, Wani nata yang artinya berani mengatur. Pengertian kedua ini mengindikasikan bahwa perempuan juga perlu pendidikan yang tinggi untuk bisa memerankan dengan baik peran ini.

- Estri
Berasal dari bahasa Kawi "Estren" yang berarti panjurung (pendorong). Seperti pepatah yang terkenal, Selalu ada wanita yang hebat di samping laki-laki yang hebat

Halaman:

Editor: RHS

Terkini

Apakah Weton Jawa Itu? Yuk Simak Penjelasanya

Minggu, 9 Januari 2022 | 22:27 WIB

Asal Kata Gambyong, Tarian Adat Jawa

Selasa, 28 Desember 2021 | 01:14 WIB

Blangkon, Tutup Kepala Kaum Pria Jawa

Minggu, 28 November 2021 | 13:26 WIB

Ritual Tujuh Bulanan dalam Adat Jawa

Sabtu, 19 Juni 2021 | 00:03 WIB

Tradisi Iriban Tetap Dipertahankan

Senin, 7 Januari 2019 | 10:13 WIB

TWC Luncurkan Dramatari Roro Jonggrang

Senin, 26 November 2018 | 02:37 WIB
X