Ramuan dan Ritual Keperkasaan Raja-Raja Jawa Bercinta

GTG
- Selasa, 24 Juli 2018 | 10:10 WIB
foto: istimewa
foto: istimewa

beritajowo.com / semarang - Raja Jawa bagi masyarakat dahulu sering dianggap setara dewa. Selain kekuasaan, di tangan raja kemakmuran maupun kemiskinan ditentukan. Bahkan kejadian bencana alam pun kerap dikaitkan dengan keberadaan sang raja.

Dalam bukunya 'Konsep Kekuasaan Jawa: Penerapannya oleh Raja-Raja Mataram' (Yogyakarta, 1987), G. Moedjanto menuliskan hal itu. Meski bukunya spesifikasinya hanya bercerita tentang dinasti kerajaan Mataram, namun dia memberi gambaran perihal kekuasaan raja-raja Jawa.

"Dalam kekuasaan tidak ada persaingan, tidak terkotak-kotak atau tidak terbagi-bagi dan bersifat menyeluruh. Kekuasaan raja seperti kekuasaan dewa, yang agung dan binathara," begitu Moejdanto menulis dalam bukunya.

Dalam berbagai literatur, raja-raja khususnya di Jawa identik dengan banyaknya selir. Masing-masing raja jumlah selirnya bisa sampai belasan, bahkan puluhan. Selir-selir itu juga jadi semacam simbol bagi kuasanya sang raja kala memerintah kerajaannya.

Selir itu bisa dikatakan perempuan-perempuan yang terikat hubungan dengan raja tanpa status pernikahan. Karena keterikatan itu, selir juga harus melayani raja dalam segala hal yang menyenangkan, termasuk urusan di atas ranjang.

Soal urusan di atas ranjang, tentu banyak yang heran bagaimana para raja Jawa dulu mampu perkasa dalam urusan bercinta dengan selir-selir yang sampai berjumlah puluhan. Misalnya Raja Kasunanan Surakarta (Solo), Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Pakubuwono X. Raja Kasunan Surakarta yang memerintah tahun 1893-1939 itu konon memiliki 40 sampai 45 orang selir.

Sejumlah literatur menyebutkan, Sinuhun Pakubuwono X mampu mengatur waktu ketika berhubungan intim dengan para selirnya itu. 

Ajian dan Ramuan Khusus

Halaman:

Editor: GTG

Terkini

marcopolo: Jawa Pulau Terbesar di Dunia

Kamis, 3 Februari 2022 | 14:40 WIB

Kisah Gunung Kelud dan Lembu Suro, Kamu Perlu Tahu

Senin, 3 Januari 2022 | 01:29 WIB

Sederet Mitos dan Fakta tentang Nyi Roro Kidul

Minggu, 2 Januari 2022 | 04:03 WIB

Nyi Roro Kidul Identik dengan Ratu Bilqis

Jumat, 31 Desember 2021 | 20:00 WIB

Sejarah Ketupat dan Lepet Lebaran ala Wali Songo

Minggu, 28 November 2021 | 21:50 WIB

Meneladani Kesalehan Ki Ageng Giri

Rabu, 2 Januari 2019 | 19:10 WIB
X