4 Ratu Terbesar dan Paling Berpengaruh di Kerajaan Nusantara

GTG
- Jumat, 27 Juli 2018 | 10:19 WIB
foto: istimewa
foto: istimewa

beritajowo.com / semarang - Banyak yang bilang jika suksesnya seorang pria selalu ada wanita di belakangnya. Mereka mendukung pria itu untuk terus maju hingga akhirnya mendapatkan impiannya. Selain mendukung pria untuk menjadi lebih baik. Wanita juga kadang membuat pria jadi jatuh dan segala hal yang telah dicapainya lenyap begitu saja. Wanita adalah candu yang tidak bisa ditolak meski membawa pengaruh yang sangat buruk.

Hal senada juga dialami oleh Raja-Raja yang dahulu pernah memerintah di Tanah Jawa. Melalui istri mereka, kesuksesan bisa diraih dengan mudah. Pun melalui istri mereka kehancuran bisa didapatkan dengan mudah. Inilah 4 istri Raja Jawa yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah Nusantara.

1. Ken Dedes – Kerajaan Singasari

Ken Dedes adalah permaisuri dari Ken Arok yang merupakan pendiri Kerajaan Singasari. Ken Dedes adalah wanita yang dikenal memiliki paras yang cantik dan membuat semua pria jatuh hati padanya. Hal ini sudah dibuktikan ketika Ken Arok tega membunuh majikannya yang bernama Tunggul Ametung agar bisa menikahi Ken Dedes yang merupakan Ratu penghasil Raja-Raja Jawa terhebat sepanjang massa.

-

Ken Dedes adalah wanita yang melahirkan generasi di Wangsa Rajasa. Generasi ini berjalan mulai dari Kerajaan Singasari hingga Kerajaan Majapahit. Tanpa adanya Ken Dedes mungkin Raja Jawa seperti Anusapati, Wisnu Wardhana, Kertanegara, dan Raden Wijaya tak akan pernah lahir.

Atas kehebatannya ini Ken Dedes inilah sang anak yang bernama Anusapati membangun sebuah Candi yang saat ini dijuluki Candi Kidal. Candi ini konon pernah digunakan untuk menyimpan abu dari Ken Dedes yang telah meninggal dunia. Candi ini pun juga memiliki relief yang bercerita tentang Garuda yang ingin membebaskan ibunya dari penderitaan. Cerita ini akhirnya ditafsirkan bahwa di masa lalu Ken Dedes selalu hidup menderita meski akhirnya menjadi wanita paling berpengaruh dalam sejarah Raja-Raja Jawa.

2. Gayatri – Kerajaan Majapahit

Gayatri adalah salah satu istri dari Raden Wijaya yang menjadi raja pertama dari Kerajaan Majapahit. Ia adalah anak dari Kertanegara yang merupakan raja terakhir dari Kerajaan Singasari. Saat kerajaan Majapahit berdiri dengan megah, Gayatri mulai menjadi istri yang terlibat banyak dalam pemerintahan. Dari lima istri yang dimiliki oleh Raden Wijaya, Gayatri dan Dara Petak lah yang memiliki anak. Itulah mengapa ia memiliki kekuasaan yang cukup besar.

Halaman:

Editor: GTG

Terkini

marcopolo: Jawa Pulau Terbesar di Dunia

Kamis, 3 Februari 2022 | 14:40 WIB

Kisah Gunung Kelud dan Lembu Suro, Kamu Perlu Tahu

Senin, 3 Januari 2022 | 01:29 WIB

Sederet Mitos dan Fakta tentang Nyi Roro Kidul

Minggu, 2 Januari 2022 | 04:03 WIB

Nyi Roro Kidul Identik dengan Ratu Bilqis

Jumat, 31 Desember 2021 | 20:00 WIB

Sejarah Ketupat dan Lepet Lebaran ala Wali Songo

Minggu, 28 November 2021 | 21:50 WIB

Meneladani Kesalehan Ki Ageng Giri

Rabu, 2 Januari 2019 | 19:10 WIB
X