• Jumat, 27 Mei 2022

Asal Muasal Nama Tembalang Semarang

- Senin, 12 November 2018 | 14:06 WIB
foto: Istimewa
foto: Istimewa

beritajowo.com / jakarta - Menjelajahi Semarang memang tak ada habisnya. Ibu kota Jawa Tengah ini punya segudang tempat yang menarik, baik dari keindahan alamnya maupun cerita di baliknya. Satu yang masih belum banyak diketahui adalah asal usul daerah Tembalang. Meski kini Tembalang menjadi daerah yang sangat padat, legenda kemunculan wilayah itu nampaknya tak semoncer bangunan-bangunan megah di sekitarnya.

Menurut cerita tutur, ketika Raden Pandan Arang mengadakan pertemuan dengan para santri dan abdi dalem, Raden Pandan Arang berkeinginan melakukan perjalanan ke wilayah selatan Semarang. Dengan berbekal secukupnya, berangkatlah beliau bersama 50 orang santri dan abdi dalem berjalan ke arah selatan.

Saat tiba di sebuah perkampungan yang terletak di atas bukit, Raden Pandan Arang bersama pengikutnya memutuskan untuk beristirahat. Tanah di daerah itu amat subur. Segala janis tanaman dapat hidup. Mereka sebagian besar hidup dari bertani.

Di wilayah itu terdapat sembilan mata air, yang oleh penduduk setempat dikenal dengan istilah “tuk sanga“. Tuk adalah bahasa Jawa yang artinya “mata air”,sedangkan sanga artinya “sembilan”.

Semula keberadaan ke sembilan mata air tersebut tidak menjadi masalah. Bahkan sangat menguntungkan bagi penduduk setempat. Namun kelamaan air yang keluar dari ke sembilan mata air itu terlalu besar, sehingga menggenang di berbagai tempat. Bahkan kemudian terbentuklah sebuah danau yang semakin lama semakin besar.

Meski penduduk berusaha menutup lubang – lubang mata air itu, mereka selalu gagal. Tanah, bahkan batu – batu yang besar yang mereka gunakan untuk menutup mata air-mata air itu selalu saja tenggelam.

 

-

Foto: merdeka

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

marcopolo: Jawa Pulau Terbesar di Dunia

Kamis, 3 Februari 2022 | 14:40 WIB

Kisah Gunung Kelud dan Lembu Suro, Kamu Perlu Tahu

Senin, 3 Januari 2022 | 01:29 WIB

Sederet Mitos dan Fakta tentang Nyi Roro Kidul

Minggu, 2 Januari 2022 | 04:03 WIB

Nyi Roro Kidul Identik dengan Ratu Bilqis

Jumat, 31 Desember 2021 | 20:00 WIB

Sejarah Ketupat dan Lepet Lebaran ala Wali Songo

Minggu, 28 November 2021 | 21:50 WIB

Meneladani Kesalehan Ki Ageng Giri

Rabu, 2 Januari 2019 | 19:10 WIB

Terpopuler

X