• Selasa, 25 Januari 2022

Begini Lho Sejarah Tradisi Baju Baru Saat Lebaran

- Kamis, 14 Juni 2018 | 00:30 WIB
Foto: Kabarmakkah
Foto: Kabarmakkah

beritajowo.com // semarang - Tak jarang orang yang merayakan Idul Fitri selalu disertai dengan tradisi menggunakan baju baru. Hal ini terlihat dengan ramainya toko-toko pakaian menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tradisi memakai baju baru ini sudah berlangsung cukup lama dan turun temurun. Meski tidak ada kewajiban agama untuk melakukannya, namun mayoritas Muslim Indonesia sudah terbiasa tampil dengan baju baru di hari suci.

Sejak tahun 1596, tradisi memakai baju baru saat lebaran sudah terjadi. Dalam buku Sejarah nasional Indonesia tulisan Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto dijelaskan, ketika menyambut lebaran, mayoritas penduduk di bawah kerajaan Banten sibuk menyiapkan baju baru. Namun bedanya waktu itu, hanya sedikit masyarakat yang membeli baju baru. Mayoritas mereka menjahit sendiri, ini lantaran masih terbatasnya teknologi waktu itu. Hanya kalangan kerajaan yang memiliki akses luas mendapatkan baju bagus untuk lebaran.

Digambarkan suasana Banten waktu itu ketika menyambut lebaran sangat ramai, berbeda dari hari-hari biasanya. Dan juga, mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai petani, ramai-ramai berubah menjadi tukang jahit dadakan. Pada malam hari, sepanjang jalanan dipenuhi oleh cahaya obor yang menghiasi di tiap sisi. Kondisi senada juga terjadi di kerajaan Mataram (Yogyakarta). Memasuki hari terakhir Ramadan, orang-orang Muslim Mataram sibuk membuat pakaian baru untuk dipakai pada hari raya.

Editor: Administrator

Terkini

Imlek Selalu Hujan, Ini Penjelasan BMKG Fakta no Hoax

Senin, 24 Januari 2022 | 19:08 WIB

Ramalan Zodiak Aquarius Minggu 23 Januari 2022

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:02 WIB

Ramalan Zodiak Capricorn Minggu 23 Januari 2022

Minggu, 23 Januari 2022 | 06:43 WIB

Kue Lapis Legit Jadi Primadona Saat Perayaan Imlek

Sabtu, 22 Januari 2022 | 22:21 WIB
X