• Sabtu, 22 Januari 2022

Wisata Kuliner Tidak Lengkap Tanpa 8 Makanan Khas Surabaya Ini

KHN
- Rabu, 21 Juli 2021 | 12:40 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

beritajowo.com - Jalan-jalan ke kota lain memang tidak lengkap kalau belum mencoba hidangan khasnya. Salah satu kota yang cocok untuk wisata kuliner adalah Surabaya. Cita rasa Surabaya yang umumnya gurih dan pedas cocok di lidah kebanyakan warga Indonesia. 

Namun sebelum Anda memutuskan untuk merencanakan liburan ke Surabaya, pastikan Anda mengetahui peraturan penerbangan pesawat terupdate agar rencana bisa berjalan lancar. Jangan lupa untuk pilih platform terpercaya saat membeli tiket, seperti Traveloka. 

Nah, ke Surabaya belum lengkap nih jika belum icip-icip makanan khas Surabaya berikut untuk melengkapi wisata kuliner Anda. 

1. Lontong Balap

Nama lontong balap sendiri tercipta karena pada zaman dulu, para penjual makanan ini berkeliling sambil memikul dagangannya. Mereka pun harus cepat-cepat merebut pembeli sehingga terkesan seperti berlomba atau dalam bahasa Jawa balapan. Oleh karenanya, hidangan ini diberi nama lontong balap. 

Hidangan ini terdiri dari lontong yang dipotong-potong, kemudian tauge yang direbus setengah matang, lalu diberi kuah. Jika Anda menyukai kerang, Anda bisa menambahkan sate kerang sebagai teman hidangan ini. 

Walaupun penjual lontong balap sekarang menggunakan gerobak atau menjual hidangan ini di warung, nama makanan ini tidak berubah. Rasanya nama lontong balap menjadi daya tarik sendiri bagi warga Surabaya. 

2. Rujak Cingur

Hidangan ini disebut rujak cingur karena menggunakan irisan mulut sapi (dalam bahasa Jawa congor) yang sudah direbus. Komponen lain dalam rujak cingur sendiri adalah lontong, rebusan sayur kangkung, tauge, dan kacang panjang, ada juga ketimun, mangga muda, kemudian tahu dan tempe goreng. Ada juga rujak cingur yang menambahkan nanas dan bengkoang ke dalam campurannya. 

Halaman:

Editor: KHN

Terkini

Menghindari Cacing Kremi Pada Anak, Begini Caranya

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:10 WIB

10 Mitos dan Tradisi Saat Perayaan Imlek

Minggu, 16 Januari 2022 | 21:27 WIB
X