• Sabtu, 28 Mei 2022

Rangkaian Tradisi Tedhak Siten, Benarkah Merupakan Perwujudan Masa Depan Anak?

- Rabu, 29 Desember 2021 | 20:43 WIB
tedak siti
tedak siti

beritajowo.com / semarang - Indonesia merupakan negara yang terdiri dari gugusan pulau. Banyak pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Tiap pulau dihuni oleh beraneka ragam suku dan budaya.

Maka tak mengherankan jika Indonesia kaya akan berbagai budaya. Salah satu suku yang terbesar adalah Suku Jawa. Sebagai suku terbesar maka tak mengherankan jika suku jawa mempunyai banyak kebudayaan yang tak ternilai.

Salah satu budaya Indonesia yang berasal dari Suku Jawa yang masih dijunjung tinggi hingga saat ini adalah Tedhak Siten atau Tedak Siti.

Baca Juga: Klitih Jogja: Apa Motivasi Meresahkan Warga?

Tedak siten (bahasa Jawa: tedhak sitèn) atau tedak siti adalah rangkaian prosesi adat tradisional dari Suku Jawa yang diselenggarakan pada saat pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki ke tanah.

Tedhak berarti turun, dan sitèn artinya tanah. Biasanya dilakukan saat anak berusia sekitar tujuh atau delapan bulan. Prosesi tedak siten juga diiringi oleh doa-doa dari orang tua agar kelak setelah dewasa si anak menjadi suskes.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui si anak untuk menjalani prosesi tedhak siten ini.

Baca Juga: Tahun 2022 Harga Emas Diperkirakan Naik US$ 1.970/toz

Prosesi yang pertama yaitu anak dipandu oleh ayah dan ibu untuk berjalan melalui 7 wadah yang berisi jadah dengan 7 warna. Jadah dengan 7 warna ini merupakan simbol dari lika-liku  proses kehidupan yang akan dilalui anak kelak.

Prosesi yang selanjutnya adalah  akan dituntun untuk menaiki tangga yang terbuat dari tebu yang dihiasi dengan kertas warna-warni. Tangga ini menyimbolkan urutan tingkatan kehidupan di masa depan yang harus dilalui dengan perjuangan dan hati yang kuat. Ritual ini melambangkan agar anak mempunyai rasa tanggung jawab.

Halaman:

Editor: Surayyah

Sumber: wikipedia.org

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wayang Kulit: Dari Indonesia untuk Dunia

Selasa, 1 Maret 2022 | 21:30 WIB

Terpopuler

X