• Sabtu, 3 Desember 2022

Sejarah Rokok Kretek di Indonesia, Perintis Industri Rokok Dimulai dari Nitisemito

- Selasa, 4 Januari 2022 | 06:26 WIB
Nitisemitoperintis industri rokok kretek di Indonesia, seperti diketahui pemerintah menaikkan harga rokok (YouTube/BETA TV)
Nitisemitoperintis industri rokok kretek di Indonesia, seperti diketahui pemerintah menaikkan harga rokok (YouTube/BETA TV)

beritajowo.com / Semarang - Seperti diketahui pemerintah menaikkan harga rokok, menapakai sejarah rokok kretek lekat dengan kota Kudus Jawa Tengah.

Bisnis rokok dimulai oleh Nitisemito pada 1906 dan pada 1908, bermula dari penemuan Haji Djamari pada kurun waktu sekitar akhir abad ke-19. Awalnya, penduduk asli Kudus ini merasa sakit pada bagian dada.

Djamari lantas bereksperimen merajang cengkih dan mencampurnya dengan tembakau untuk dilinting menjadi rokok. Setelah rutin menghisap rokok ciptaannya, Djamari merasa sakitnya hilang.

Baca Juga: Ada 2 Jenis Rokok Kretek Menurut Sejarahnya, Apa Saja? Yukk Simak!

Baca Juga: Kota Kudus, Melekat dengan Sejarah Rokok Kretek di Indonesia... Simak Ulasan Sejarahnya

Baca Juga: Ini Bahan yang Digunakan dalam Rokok Kretek Sehingga Terasa Nikmat... 'Tanpa Campur Tangan Mesin!'

Sepuluh tahun kemudian, penemuan Djamari menjadi dagangan memikat di tangan Nitisemito, perintis industri rokok di Kudus.

Bisnis rokok dimulai oleh Nitisemito pada 1906 dan pada 1908 usahanya resmi terdaftar dengan merek "Tjap Bal Tiga". Langkah Nitisemito itu menjadi tonggak tumbuhnya industri rokok kretek di Indonesia.

Editor: Astried Natlia

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X