Anak Kecil Terkena Sawan Karena Ulah Orang Tua

- Minggu, 6 Maret 2022 | 21:36 WIB
Bayi rewel
Bayi rewel

beritajowo.com / Semarang – Anak kecil rawan diganggu oleh makhluk tak kasat mata. Sehingga orang tua dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam merawat anak kecil. Ada banyak pantangan yang harus kita hindari, misalnya tidak boleh mengajak anak kecil pergi ketika menjelang maghrib karena nanti bisa terkena sawan.

Dalam tradisi jawa kita mengenal istilah sawan. Percaya atau tidak sawan biasanya dikaitkan dengan hal-hal mistik. Anak kecil yang terkena sawan biasanya akan menjadi rewel tanpa sebab.

Sawan pada anak kecil biasanya diyakini karena orang tuanya telah melanggar pantangan sehingga sang anak akan diganggu oleh makhluk halus yang merasa terganggu. Kasus sawan sering menimpa anak usia bayi (balita). Ada beberapa macam jenis sawan, seperti sawan mayit, sawan manten, sawan wedus, serta sawan angin. 

Baca Juga: Ada Banyak Peristiwa Penting di Bulan Syaban Menuju Ramadan

Namun yang paling sering terjadi adalah sawan mayit dan sawan manten. 

Sawan manten biasanya terjadi ketika seorang ibu dan anaknya yang masih balita menghadiri sebuah resepsi pernikahan. 

Saat pulang, si anak mulai mengalami gejala sawan, yaitu panas meninggi dan menjadi rewel.

Yang lebih mengerikan untuk yang tertimpa sawan mayit.

Konon untuk menyembuhkannya, seorang anak yang terkena sawan harus dimandikan dengan tanah kuburan dan beberapa helai daun nangka yang sudah jatuh di tanah.

Dalam penyembuhan sawan biasanya si anak akan dibawa kepada orang pintar. Antisipasi dan penyembuhan sawan terbilang unik.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X