• Kamis, 1 Desember 2022

Hasta Brata, Filsafat Jawa tentang Ajaran Teori Kepemimpinan

- Rabu, 13 Juli 2022 | 06:34 WIB
Mudah Disukai dan Gampang Beradaptasi! Inilah 5 Falsafah Jawa yang Harus Diterapkan Dimanapun Berada (freepik)
Mudah Disukai dan Gampang Beradaptasi! Inilah 5 Falsafah Jawa yang Harus Diterapkan Dimanapun Berada (freepik)

beritajowo.com // Malang - Ada banyaknya filsafat Jawa yang berusaha diterjemahkan oleh para wali, menunjukkan bahwa walisongo dalam mengajarkan agama selalu dilandasi oleh budaya yang kental.

Hal ini sangat dimungkinkan, karena masyarakat Jawa yang menganut budaya tinggi, akan sukar untuk meninggalkan budaya lama ke ajaran baru walaupun ajaran tesebut sebenarnya mengajarkan sesuatu yang lebih baik,seperti ajaran agama islam .

Dalam budaya jawa sebenarnya sangat sarat dengan filsafat hidup atau disebut ular-ular.

Salah satunya ada yang disebut Hasta Brata yang merupakan teori kepemimpinan.

Hasta Brata berisi mengenai hal-hal yang disimbolisasikan dengan benda atau kondisi alam seperti Surya, Candra, Kartika, Angkasa, Maruta,Samudra,Dahana dan Bhumi.

1. Surya (Matahari) memancarkan sinar terang sebagai sumber kehidupan. Pemimpin hendaknya mampu menumbuhkembangkan daya hidup rakyatnya untuk membangun bangsa dan negaranya.

2. Candra (Bulan) , yang memancarkan sinar ditengah kegelapan malam. Seorang pemimpin hendaknya mampu memberi semangat kepada rakyatnya ditengah suasana suka ataupun duka.

3. Kartika (Bintang), memancarkan sinar kemilauan, berada ditempat tinggi hingga dapat dijadikan pedoman arah, sehingga seorang pemimpin hendaknya menjadi teladan bagi untuk berbuat kebaikan.

4. Angkasa (Langit), luas tak terbatas, hingga mampu menampung apa saja yang datang padanya.Prinsip seorang pemimpin hendaknya mempunyai ketulusan batin dan kemampuan mengendalikan diri dalam menampungpendapat rakyatnya yang bermacam-macam.

5. Maruta (Angin), selalu ada dimana-mana tanpa membedakan tempat serta selalu mengisi semua ruang yang kosong. Seorang pemimpin hendaknya selalu dekat dengan rakyat, tanpa membedakan derajat da martabatnya.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X