• Selasa, 6 Desember 2022

Setelah Tahu Khasiatnya, Kamu Pasti Sayang Membuang Nasi Dingin

- Minggu, 30 Januari 2022 | 14:45 WIB
Nasi dingin menurut pakar lebih sehat dari nasi panas. (Freepik/Jcomp)
Nasi dingin menurut pakar lebih sehat dari nasi panas. (Freepik/Jcomp)

beritajowo.com//bungah- Nasi paling nikmat dinikmati dalam keadaan panas. Tidak heran karena terbiasa mengonsumsi nasi panas, nasi dingin sisa masak sebelumnya dibuang begitu saja.

Padahal, asalkan masih layak dan tidak basi, nasi dingin lebih sehat lho. Berikut penjelasan dari pakar.

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK yang dikutip dari doktersehat.com kandungan gula pada nasi dingin lebih rendah daripada nasi yang masih panas.

Selanjutnya, nasi dingin dianggap sebagai kondisi terbaik untuk penderita diabetes yang ingin mengkonsumsi nasi.

dokter Juwalita juga mengatakan, banyak dari penelitian yang telah berhasil membuktikan bahwa nasi yang didiamkan pada suhu ruangan cenderung memiliki indeks glikemik rendah dibandingkan kadar gula pada nasi panas.

Indeks glikemik rendah adalah nilai yang menggambarkan seberapa cepat atau lambatnya makanan tersebut dalam menaikan kadar gula darah.

Nasi yang dingin memiliki indeks glikemik rendah yang cenderung melepaskan glukosa (gula) dengan perlahan hingga peningkatan kadar gula darah tidak banyak.

Selain itu, pati resisten yang terdapat di dalam nasi dingin bermanfaat sebagai prebiotik. Nutrisi yang tidak bisa dicerna ini berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik dalam usus besar.

Nasi dingin juga berperan untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat dan jamur yang mendatangkan infeksi.

Nasi dingin akan membuat Anda terasa lebih kenyang dan tidak mudah lapar karena pati resisten yang tinggi menyebabkan proses pencernaan cenderung lambat. Hal yang satu ini mungkin bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X