• Minggu, 14 Agustus 2022

Beberapa Bahan Alami yang Patut Dicoba untuk Meredakan Asma

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:42 WIB
ilustrasi manfaat madu untuk kesehatan tubuh, salah satunya redakan gejala asam lambung (pixabay)
ilustrasi manfaat madu untuk kesehatan tubuh, salah satunya redakan gejala asam lambung (pixabay)

beritajowo.com // Jakarta - Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan. Sesak napas sehingga mengakibatkan sulit untuk bernapas.

Selain sulit bernafas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi.

Penyakit asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan dengan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini.

Biasanya, serangan asma akan muncul saat penderita terpapar asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan zat kimia.

Untuk meredakan asma, selain obat dari dokter, pengobatan secara tradisional juga dapat dilakukan. Berikut ini adalah beberapa contoh obat asma tradisional yang bisa Anda coba.

madu

Madu sangat baik untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernapasan. Cara pengobatannya, campurkan 2-3 sdm madu ke dalam air hangat untuk kemudian diminum.

Anda juga bisa menambahkan 1/4 sdt bubuk kunyit atau 1/2 sdt bubuk kayu manis. Jika tidak ada bubuk kunyit, bisa dengan kunyit yang telah dibeli, lalu dipotong-potong kemudian dimasukkan ke dalam campuran madu, atau kunyit yang ditumbuk halus kemudian dicampurkan. Anda juga bisa menambahkan 1 sdt tumbukan bawang putih.

Jahe

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

​7 Manfaat Guling untuk Kesehatan Tubuh Anda

Sabtu, 30 Juli 2022 | 07:35 WIB

Tips Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

Senin, 18 Juli 2022 | 16:09 WIB
X