• Kamis, 1 Desember 2022

Perhatikan Kebiasaan ini dapat Memicu Timbulnya Flek Hitam di Usia Muda

- Rabu, 6 Juli 2022 | 11:58 WIB
Muncul Flek Hitam Pada Wajah? Ketahuilah Ini Penyebab Dan Cara Untuk Mengatasinya
Muncul Flek Hitam Pada Wajah? Ketahuilah Ini Penyebab Dan Cara Untuk Mengatasinya

beritajowo.com // Semarang – Bagi perempuan, permasalahan yang terdapat di wajah seperti jerawat dan bruntusan, flek hitam juga dapat dapat membuat kepercayaan diri menurun, Flek hitam pada area wajah terjadi akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. 

Apabila flek hitam muncul di umur 40 tahun ke atas, maka hal ini wajar saja. Namun jika muncul saat usia muda, tentu ini sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Apakah kamu mau jika di usia muda sudah memiliki banyak flek hitam pada area kulit wajah? Tidak bukan? Mengatasi hal ini, ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa sadar dapat memicu flek hitam di usia muda lho. Mari disimak!

1. Malas Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari yang berlebihan menjadi penyebab utama munculnya flek hitam pada wajah, karena mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin.

Bukan hanya di luar rumah saja kamu harus menggunakan sunscreen, tapi ketika berada di dalam rumah kamu juga harus menggunakan sunscreen. Bahkan, kamu juga disarankan untuk memilih produk makeup yang mengandung SPF agar kulitmu tetap terlindungi.

Usahakan untuk memilih sunscreen yang mengandung SPF minimal 30 agar kulit lebih terlindungi dari paparan sinar matahari. Dan jangan lupa re-aply setiap 2/3 jam sekali.

2. Menggunakan Produk dengan Kandungan Citrus atau Vitamin C

Kandungan skincare atau produk kecantikan lainnya yang mengandung vitamin C memang bagus untuk mencerahkan kulit, tapi ternyata tidak semua kandungan vitamin C dalam skincare bisa digunakan sewaktu-waktu. Terdapat efek samping buruk apabila kandungan ini digunakan dengan cara tidak tepat, seperti lemon yang mengandung senyawa photosensitizer.

Untuk lebih amannya, penggunaan Vitamin C dibarengi dengan moisturizer lalu ditumpuk dengan sunscreen.

Senyawa ini akan bereaksi pada wajah apabila langsung terkena paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang parah. Ada baiknya untuk tidak menggunakan produk dengan kandungan citrus ketika akan keluar di bawah sinar matahari.

3. Terlalu lama Berada di Depan Layar Laptop

Menurut penelitian, cahaya yang terpancar dari layar laptop, komputer, atau tv dapat menyebabkan munculnya bintik atau flek hitam pada wajah. Jika saat ini semua pekerjaan memang harus dikerjakan di depan layar laptop, ada baiknya kamu memiliki waktu beristirahat yang cukup agar tidak selalu berada di depan laptop.

Halaman:

Editor: Syahid Abdulloh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X