Ayam Kremes, Resep Asli Dari Mister Londo. Bongkar Rahasia Cara Bikin Ayam Kremes

- Rabu, 9 November 2022 | 02:03 WIB
Resep Ayam Kremes Bongkar Rahasia
Resep Ayam Kremes Bongkar Rahasia

beritajowo.com - Ayam Goreng Kremes, ibarat ayam KFC ala Indonesia. Jika anda sudah pernah menyantap Ayam Goreng Mbok Berek atau Ayam Goreng Nyonya Suharti, pasti anda sudah kenal dengan sajian Ayam berbalut tepung yang yummy dan crunchy ini.

Sekilas mirip ayam goreng remah, tapi kalau ayam goreng remah ayamnya hanya dicelup ke bumbu kemudian digoreng dan sisa adonan digoreng terpisah menjadi kremesan atau remah2 yang ditaburkan bersama ayam saat dihidangkan.

Meski menurut saya prinsip dasar keduanya hampir sama tapi jenis adonan dan teknik penggorengan agak berbeda jadi ya lebih baik saya posting lagi resep ayam kremes sesuai penampilan aslinya.

Baca Juga: Habitat Asli Burung Unta, Perubahan Makanan Karena Iklim Tropis Asia Tenggara Yang Ekstrim

Sekaligus menjawab seorang rekan di FB Resep Indonesia yang sudah putus asa bikin ayam kremes, sudah coba resep yg ini yg itu, tp hasilnya tetep gak kriting malah yg ada malah mirip ayam tepung biasa, sedihnya ;-( .

Catatan: Membuat ayam goreng berbalut kremes tidak susah asal takaran adonan benar dan tahu teknik yang tepat.

Satu lagi yang penting kuncinya memang harus SABAR. Terus terang saya jg sudah bereskperimen berkali-kali dan tidak langsung sukses sampai menemukan rumus yang tepat. Adonan kremes sebenarnya bisa dari tepung beras atau tepung kanji atau paduan keduanya.

Bedanya kremes dari tepung beras lebih keras setelah dingin, solid dan lebih mudah melempem kalau dibiarkan di wadah terbuka, sementara adonan dari tepung tapioka atau sagu tani menghasilkan kremesan yang tidak terlalu keras, tidak mudah melempem, lebih berongga-rongga/bersarang dan warnanya tidak terlalu coklat.

Baca Juga: Terawang Mata Bathin, Aura Mistik Menyelimuti Weton Ini. Rezeki Mengalir Deras

Intinya kalau mau bikin ayam berbalut kremes yang keriting cantik ya pakai tepung tapioka lebih banyak. Kalau untuk merenyahkan kremesan tambah soda kue ke dalam adonan.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

9 manfaat Gambir untuk kesehatan.

Senin, 30 Januari 2023 | 02:46 WIB

Resep Ibu Hari ini: Indomie Soto Pedas Nikmat

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:12 WIB

Resep Bakso Bakar yang Cocok Temani Malam Tahun Baru

Sabtu, 31 Desember 2022 | 18:33 WIB

Resep Cimol Anti Gagal, Renyah di Luar Empuk di Dalam

Kamis, 29 Desember 2022 | 19:43 WIB

Resep Seblak Kuah Pedas Ndower, Kesukaan Mama Mertua

Selasa, 13 Desember 2022 | 00:48 WIB
X