• Sabtu, 22 Januari 2022

Ini Lembaga Negara yang Mengurus Wakaf Uang di Indonesia

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 12:44 WIB

Praktik wakaf uang di Indonesia sudah lama eksis. Tidak mengherankan jika kemudian pemerintah membentuk lembaga negara yang mengurus wakaf uang yang secara khusus bakal menjalankan tugasnya demi memaksimalkan manfaat wakaf bagi kemaslahatan umat.

Menyinggung soal lembaga pengurus wakaf, sebenarnya badan negara mana sajakah yang diberikan wewenang untuk mengurusi wakaf uang? Dan apa tugas dari masing-masing lembaga tersebut?

Tugas Utama Badan Negara Pengurus Wakaf Uang

Secara garis besar, pemerintah menunjuk Kementerian Agama sekaligus membentuk Badan Wakaf Indonesia (BWI) untuk mengurus wakaf di Indonesia. Lebih jauh, berikut merupakan tugas dari masing-masing lembaga sebagaimana disebut.

1. Kementerian Agama

Berdasarkan Peraturan MA RI No 4 Tahun 2009 tentang Administrasi Pendaftaran Wakaf Uang, lembaga negara yang mengurus wakaf uang ini memegang tugas dan wewenang sebagai berikut.

Melalui Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota, Kementerian Agama akan menerbitkan bukti pendaftaran wakaf uang yang dilakukan wakif.

Menerima laporan keuangan wakaf uang dari Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang, yang meliputi nilai wakaf, jumlah wakaf, nilai bagi hasil pengelolaan wakaf, serta rekam buku setiap akhir tahun. Umumnya, menteri akan menerima laporan tersebut dari Direktur Jenderal dengan tembusan pada BWI.

Direktur Jenderal sebagai perwakilan Menteri akan melakukan pengawasan terhadap praktik wakaf uang yang dilakukan oleh Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2022 Unik

Sabtu, 22 Januari 2022 | 03:27 WIB
X