• Senin, 24 Januari 2022

Pantau Kekuatan Brazil, Squad Argentina Gunakan Aplikasi Wyscout

GTG
- Selasa, 2 Juli 2019 | 12:51 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

beritajowo.com / BELO HORIZONTE - Bek tim nasional Argentina Juan Foyth ternyata tidak gagap teknologi (Gaptek). Ia tidak tahu benar bagaimana cara memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Untuk mengetahui karakter dan gaya bermain serta teknik calon lawannya, bek milik Tottenham Hospur itu memanfaatkan aplikasi Wyscout lewat telepon selulernya.

 Wyscout adalah adalah bank data digital yang berisi detail sejumlah pesepak bola top terkait performa mereka. Dengan mengetahui gaya bermain, pelatih bisa merancang strategi dan formasi yang sesuai dengan pemain.

Belakangan, Wyscout tidak hanya dipakai sejumlah pelatih. Para pemain pun memanfaatkan aplikasi ini untuk meningkatkan performa serta mengenal calon lawan. Utamanya mereka yang berasal dari tim atau klub besar. Foyth ternyata salah satu pemain yang tahu benar kegunaan Wyscout ini.    

“Salah satu perwakilan manajemen saya yang memberikan ini. Saya memang harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mendapatkan aplikasi ini,” ucap bek 21 tahun itu.

“Dengan Wyscout, saya tinggal memasukkan nama dan semua info tentang pemain itu akan keluar. Di antaranya teknik dan gaya permainan terbaiknya. Dari situ saya bisa menganalisis dan bakal tahu karakter permainan mereka dan bagaimana menghadapinya.”

Foyth pun mengaku sudah merasakan betul manfaat aplikasi Wyscout tersebut. Dengan mudah, pemain yang baru lima kali memperkuat La Albiceleste – termasuk dua di Piala Amerika – itu bisa mengetahui karakter permainan sejumlah pilar Venezuela seperti Salomon Rondon, Yeferson Soteldo, dan gelandang serang Darwin Machis. Hasilnya, Argentina melangkah ke semifinal usai menghanam Venezuela, 2-0, di perempat final.

Foythhampir pasti mengisi posisi sebagai bek kanan Argentina saat menghadapi tuan rumah Brasil pada semifinal Piala Amerika di di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Selasa (2/7) malam nanti.

Pelatih Lionel Scaloni lebih yakin bila Foyth – yang berposisi natural bek tengah – lebih baik daripada Renzo Saravia maupun Milton Casco dari sisi kecepatan dan duel bola udara.Teknologi Wyscout sejatinya sudah lama dipakai oleh pemain. Leicester City memberikannya kepada para pemain sebelum akhirnya menjuarai Liga Primer 2015/16.

Kabar buruk bagi Foyth, penyerang sayap Brasil, Willian, juga paham benar soal aplikasi ini. Ia diyakini akan memanfaatkannya untuk menghadapi Argentina.Menjelang laga semifinal, striker Brasil Gabriel Jesus memprediksi Argentina akan langsung bermain menekan.

Halaman:

Editor: GTG

Terkini

X