• Minggu, 2 Oktober 2022

Mengapa Klitih Bisa Sebabkan Darurat Kota Jogja?

- Kamis, 30 Desember 2021 | 08:15 WIB
ilustrasi Klitih yang Marak di Kota Jogja (Ilustrasi/Antara)
ilustrasi Klitih yang Marak di Kota Jogja (Ilustrasi/Antara)

beritajowo.com // Yogyakarta - Kota Yogyakarta, Kota nya para pelajar dan Kota yang menjadi tempat wisata, kini ramai diperbincangkan di media sosial dengan tajuk Jogja darurat Klitih.

Gambaran dari aksi Klitih yang terjadi di Kota Jogja ini adalah aksi penyerangan berupa penyiletan atau pembacokan oleh sekelompok geng terhadap orang lain yang sama sekali tidak dikenal oleh pelaku.

Baca Juga: Makna Klitih yang Disalah Artikan oleh Para Remaja di Kota Yogyakarta

Aksi Klitih dianggap sebagai kenakalan remaja di Kota Jogja yang bukan termasuk kenakalan biasa, karena banyak memakan korban dengan cara melukai fisik.

Meskipun demikian, Klitih diyakini bukan kejahatan bawaan lahir, tetapi dilakukan secara sadar. Kebanyakan motif pelaku adalah balas dendam, rasa tidak suka, atau sekadar mencari-cari kegiatan sebagaimana makna asli dari Klitih.

Baca Juga: Final Leg 1 AFF 2020: Indonesia Ditaklukkan Melalui Gol Cepat Thailand

Para pelaku aksi Klitih biasanya tidak segan melukai korban dengan cara membacok, memukul, atau menyerang menggunakan senjata tajam. Berbeda dengan begal yang merampas harta korban, pelaku klitih biasanya cukup puas melihat korban terluka dan tidak berdaya. Mereka akan meninggalkan korban terkapar begitu saja.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa yang mendasari perilaku Klitih adalah hubungan keluarga yang memiliki riwayat masalah, dinamika interaksi remaja dengan kelompok, serta karakter individu.

Baca Juga: Nggak Perlu Sedih Mblo, Ini Dia Cara Move on dari Mantan

Selain itu, maraknya aksi Klitih di Kota Jogja yang dilakukan oleh para remaja ini juga disebabkan oleh faktor internal berupa masa pubertas yang berpengaruh pada egoisme dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Sumber: Facebook

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Suami Diduga Dalang Penembakan di Banyumanik

Minggu, 24 Juli 2022 | 18:41 WIB
X