• Minggu, 2 Oktober 2022

Sri Sultan Hamenkubuwono X Turut Menyikapi Maraknya Aksi Klitih di Kota Jogja

- Kamis, 30 Desember 2021 | 19:36 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, ilustrasi saat menjelaskan Klitih di Kota Jogja (Foto: Wulan Yanuarwati)
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, ilustrasi saat menjelaskan Klitih di Kota Jogja (Foto: Wulan Yanuarwati)

beritajowo.com // Yogyakarta - Terkait trending di Twitter tentang Jogja Darurat Klitih, akhirnya Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY ) Sri Sultan Hamengku Buwono X ikut menyikapi maraknya kasus kejahatan di jalanan Kota tersebut.

Menurut Sri Sultan, Pemda DIY sudah turun tangan menangani para pelaku Klitih di Kota Jogja, khususnya anak - anak di bawah umur lewat program pembinaan.

Baca Juga: Bahasa Islam: Suami Istri Jika Bersentuhan Apa Membatalkan Wudhu? ini Penjelasan Ustad Buya Yahya

Sri Sultan berpandangan perilaku remaja dan lingkungannya terkhusus di Kota Jogja tidak selalu sama dari waktu ke waktu. Bentuk penanganannya pun harus bisa menyesuaikan, karena situasi di lapangan selalu menimbulkan tantangan seperti halnya aksi Klitih.

"Ya mestinya kalau Klitih itu ditangani ya, tapi mungkin memang kondisi riil itu berbeda. Anak-anak itu beda, dan mungkin pendidikan atau mungkin pengawasan juga kondisinya dulu sama sekarang beda," kata Sultan di kantor BPK Perwakilan DIY, Kota Yogyakarta, Rabu (29/12).

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 30 Desember 2021

Sri Sultan menerangkan bahwa Pemda pernah memiliki suatu lembaga yang mewadahi urusan kenakalan remaja. Tugasnya, memberi pemahaman kepada orangtua, dan saudara anak pelaku kejahatan jalanan agar menyadari peran mereka dalam mencegah munculnya kasus klitih oleh anggota keluarga masing-masing.

Baca Juga: Obat Herbal Asam Lambung Naik Ampuh Ala dr Zaidul Akbar

Berkaca dari serangkaian persoalan yang dijelaskan, Sultan menilai Pemda terus memutar otak menyusun upaya lebih efektif guna meminimalisir kemunculan Klitih.

Editor: Riza Hamed Savero

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Suami Diduga Dalang Penembakan di Banyumanik

Minggu, 24 Juli 2022 | 18:41 WIB
X