• Rabu, 29 Juni 2022

OTT KPK , Ini Harta Kekayaan Bupati Penajam Paser Utara

- Kamis, 13 Januari 2022 | 12:26 WIB
Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud ditangkap KPK dalam kegiatan Operasi Tangkap Tangan pada Rabu (12/1/22) di Jakarta. (Tangkapan Layar Facebook Abdul Gafur Mas'ud)
Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud ditangkap KPK dalam kegiatan Operasi Tangkap Tangan pada Rabu (12/1/22) di Jakarta. (Tangkapan Layar Facebook Abdul Gafur Mas'ud)

beritajowo.com // Balikpapan - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) melakukan operasi tangkap tangan ( OTT ) terhadap Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud itu.

"Tim KPK berhasil menangkap beberapa pihak dalam kegiatan menangkap tangan terkait dugaan tindak pidana korupsi oleh salah satu kepala daerah ( Bupati Penajam Paser Utara )di provinsi Kaltim. Perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut," ujar pelaksana tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri, saat dihubungi pada Kamis, 13 Januari 2022.

Baca Juga: KPK melakukan OTT Terhadap Bupati Penajam Paser Utara Terkait Dugaan Suap dan Gratifikasi

Merujuk pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diserahkan kepada KPK, Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur terakhir menyetorkan laporannya pada 2020 dan memiliki total kekayaan sebesar lebih dafi Rp 36,6 miliar. sebagian besar hartanya merupakan tanah dan bangunan di Balikpapan senilai Rp 34,2 miliar.

Sedangkan untuk kendaraan dan mesin, Gafur tercatat memiliki empat kendaraan bermotor. Kendaraan roda empat, mobil di atas umur 5 tahun adalah Ford Fiesta tahun 2011 senilai Rp 199 juta, Honda City 2009 senilai Rp 180 juta, dan Honda CR-V tahun 2008 senilai Rp 150 juta. Serta satu sepeda motor matic Yamaha Mio Soul tahun 2007 yang ditaksir Rp 5 juta.

Saat ini, kata Ali, pihak-pihak yang ditangkap segera dilakukan permintaan keterangan dan klarifikasi oleh tim KPK.

"KPK memiliki waktu maksimal 24 jam untuk menentukan sikap dari hasil pemeriksaan yang masih berlangsung saat ini," kata Ali menambahkan.

Baca Juga: Viral, NFT Ghozali Everyday Kaya Mendadak Hanya Jual Foto Selfie di OpenSea

Selain Abdul Gafur, KPK juga menangkap 10 orang lainnya dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan pada Rabu kemarin (12/1).

"KPK melakukan tangkap tangan salah satu bupati di wilayah Kaltim yaitu Bupati Penajam Paser Utara beserta 10 orang pihak yang terlibat," ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangan singkat, Kamis (13/1).

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nihil Unsur Pidana dalam Kasus Holywings

Rabu, 29 Juni 2022 | 10:37 WIB
X