• Jumat, 21 Januari 2022

Bila Bocor, Matahari Buatan China Bisa Bikin Bumi Meleleh

- Kamis, 13 Januari 2022 | 16:42 WIB
Meski kemungkinannya kecil namun para ahli menyebut bila terjadi resiko kebocoran maka Matahari buatan China dapat melelehkan bumi. (unsplash)
Meski kemungkinannya kecil namun para ahli menyebut bila terjadi resiko kebocoran maka Matahari buatan China dapat melelehkan bumi. (unsplash)

beritajowo.com//Jakarta- Badan Tenaga Nuklir (BATAN) buka suara terkait kabar Matahari buatan China. Meski banyak memberi manfaat namun bukan tidak mungkin ada resiko bocor.

Kepala Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nulir BATAN, Dhandang Purwadhi menyebut bila Matahari buatan China mengalami kebocoran maka akibatnya bisa bikin bumi meleleh.

"Resikonya sangat minim memang. Tapi bahayanya bisa sangat fatal jika ada kesalahan sedikit saja. Sekarang tahapan penelitiannya masih eksperimental, bisa saja berbahaya, tapi penelitian itu ada batasnya sehingga jangan sampai merusak. Dari segi panasnya yang keluar itu besar sekali bisa melelehkan apa saja di permukaan Bumi," kata Dhandang.

Pendapat lain dari Akademisi Fisika Nuklir Universitas Pertahanan Mutia Meireni mengatakan, jika mengalami kebocoran dalam reaksi fusi tersebut, dampaknya tidak sebanyak kebocoran dalam reaksi fisi.

Proses fusi  sendiri menggabungkan unsur-unsur ringan sehingga menjadi unsur yang lebih berat. Sedangkan dalam proses fisi dalam pembentukan energi nuklir memecah atom menjadi beberapa bagian.

Dalam proses fisi lebih berbahaya sebab reaksi yang dihasilkan tidak akan pernah berhenti. Sementara dalam reaksi fusi yang digunakan dalam Tokamak HL-2M lebih kecil resikonya.

 

Editor: Surayyah

Tags

Terkini

X