• Selasa, 25 Januari 2022

Cek Produk Halal Lewat Situs Resmi MUI Hingga Whatsapp, Begini Caranya

- Jumat, 14 Januari 2022 | 14:03 WIB
Produk halal biasa berlogo halal MUI. Namun bila ragu bisa cek lewat situs resmi hingga WhatsApp.
Produk halal biasa berlogo halal MUI. Namun bila ragu bisa cek lewat situs resmi hingga WhatsApp.


beritajowo.com//Semarang- Umat muslim di Indonesia mengedepankan gaya hidup halal yaitu hanya mengonsumsi produk-produk yang sudah bersertifikat halal. Produk bersertifikat halal biasa memiliki logo halal dan sudah mendapat izin dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Meski begitu bila masih ragu dan ingin memastikan kehalalan makanan, kosmetik, obat, jamu, restoran, maka bisa dicek secara online.

Berikut beberapa cara mengecek halal">produk halal lewat aplikasi, situs MUI hingga whatsapp.

1. Lewat Aplikasi Halal MUI
Caranya dengan mengunggah terlebih dahulu aplikasi "Halal MUI" lewat Google PlayStore atau AppStore, pastikan aplikasi terinstall pada smartphone. Buka aplikasi tersebut dan Anda akan diarahkan ke laman menu utama Klik menu 'Cari Produk Halal', lalu ketik nama produk atau nama produsen yang ingin Anda ketahui status atau sertifikasi halalnya. Sistem akan menelusuri dan otomatis menampilkan hasil pencarian status produk.

Selain mencari kata kunci secara manual di menu 'Cari Produk Halal', Anda juga bisa mencari dengan scan barcode lewat menu 'Scan Barcode'.

Caranya mudah cukup pindai barcode yang ada dalam produk untuk melihat apakah produk tersebut benar-benar memperoleh sertifikat halal dari MUI atau tidak, sekaligus disertai nomor sertifikat MUI, masa berlaku sertifikat, dan sebagainya.

Selain mengecek status halal sebuah produk, di aplikasi Anda juga bisa mengecek langsung status halal sebuah restoran dengan fitur Halal Resto yang tersedia.

2. Lewat Situs MUI
Caranya dengan membuka situs halalmui.org pada browser. Pada laman utama akan ditampilkan layanan "Cek Produk Halal" di sebelah kiri layar. Ada tiga kriteria yang tersedia untuk pencarian kehalalan produk: Nama Produk, Nama Produsen, Nomor Sertifikat.

Pilihlah kriteria sesuai kata kunci yang akan dicari.Setelah itu, tuliskan kata kunci sesuai kriteria yang dipilih tadi, lalu klik cari. Selanjutnya situs akan menampilkan status produk yang ingin Anda lihat.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X