• Jumat, 21 Januari 2022

Awas! Beredar Kosmetik Haram dan Najis, Ini Kata MUI

- Jumat, 14 Januari 2022 | 14:50 WIB
Ilustrasi Kosmetik (Gorajuara/Unsplash @element5digital)
Ilustrasi Kosmetik (Gorajuara/Unsplash @element5digital)

 

Awas! Beredar Kosmetik Haram dan Najis, Ini Kata MUI

beritajowo.com// Jakarta- Umat muslimah sebaiknya mencermati kosmetik yang digunakan sehari-hari. Meski Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjamin mutu produk lewat sertifikat produk halal, namun bukan tidak mungkin ditemukan kosmetik yang mengandung bahan haram dan najis.

Ketua Dewan Pengawas LPPOM MUI, Sholahuddin Al Aiyub menjelaskan agar lebih berhati-hati memilih kosmetik.


"Masih banyak jenis dan merek kosmetik yang belum bersertifikat halal MUI. Terutama produk kosmetik impor," ungkap Ayub.

Meski kosmetik bukan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh, namun kosmetik yang menempel di wajah dan bagian tubuh yang lain berpengaruh terhadap syarat sahnya shalat, yaitu suci dari najis.

“Kosmetik kan digunakan sehari-hari, sehingga menempel di kulit dan akan terbawa saat melakukan ibadah shalat. Ketika shalat, seseorang harus terbebas dari najis. Sekarang, bagaimana kalau di kulit kita menempel kosmetik yang mengandung najis? Artinya, shalat menjadi tidak sah karena ada najis menempel di tubuh,” tambahnya.

Berikut bahan kosmetik yang harus dicermati karena bisa saja berasal dari hewan dan haran:

1. Lemak
Lemak dan turunannya (gliserin, gms, cetyl alc, stearic acid, stearyl acid, palmitate acid, dll) banyak digunakan sebagai pembuatan lipstik, sabun, krim dan lotion. Bahan-bahan ini asalnya dari lemak hewan. Bicara tentang hewan, tentu ada hewan haram atau najis, ada pula yang halal dan disembelih sesuai syariat Islam.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X