• Jumat, 21 Januari 2022

Rempah dan Bumbu Dalam Masakan Indoensia yang Akan Mengguncang Dunia

- Jumat, 14 Januari 2022 | 21:53 WIB
Ilustrasi Rempah-Rempah (markaindo.com)
Ilustrasi Rempah-Rempah (markaindo.com)

beritajowo.com / semarang - Indonesia adalah negara dengan kekayaan kuliner melimpah. Bentang alam dari pantai hingga pegunungan memberi pengaruh besar terhadap cita rasa setiap masakan. Dalam tiap kuliner terdapat penggunaan biodiversitas Nusantara. Berkelindannya aneka bumbu dan rempah beruntai memberi kekuatan rasa bagi tiap kuliner yang dihasilkan.

Masakan yang kaya bumbu dan rempah bisa meningkatkan citra Indonesia di luar negeri serta mendorong industri kuliner di tanah air. Terlebih lagi, kontribusi kuliner bagi Produk Domestik Bruto (PDB) nasional untuk sektor ekonomi kreatif pada 2020 terbesar, mencapai 41,47 persen.

 Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, Profesor Murdjiati-Gardjito dalam sebuah kesempatan mengatakan, berdasarkan hasil penelitiannya, masakan di Indonesia itu lebih dari 1.000 jumlahnya. Artinya, terdapat pemakaian 77 sumber karbohidrat, lebih dari 400 jenis buah-buahan, lebih dari 273 jenis sayuran. Ditambah sekitar 65 jenis bumbu atau rempah-rempah. Semua merupakan bahan pangan dari bumi Indonesia.

 Baca Juga: Masakan Indonesia siap menjadi Kuliner yang Mengguncang Dunia

Jika dihitung secara matematika, kata Researchers, Developers, & Conservationists of Indonesian Culinary itu, dari data bahan pangan asli Indonesia di atas mampu menghasilkan ribuan kombinasi masakan.

Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2014 melansir data di Nusantara ada lebih dari 100 jenis kuliner soto, masakan berkuah dengan kombinasi bumbu dan rempah begitu menggoda selera.

"Mulai sekarang, kita harus berani mengatakan bahwa Indonesia itu adalah dapur gastronomi dunia paling besar," ujar perempuan 81 tahun itu.

 Setiap kuliner Indonesia memiliki kisah berbeda karena ikut diperkuat adanya latar sejarah, asal-usul, hingga proses pembuatan.

Melibatkan akulturasi budaya dari berbagai masakan yang dihidangkan sehari-hari.

Baca Juga: Pernikahan Akan Langgeng Ikuti Nasehat Ustad Abdul Somad

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soto Ayam Hidangan Sup Terbaik Dunia, Favoritmukah?

Sabtu, 15 Januari 2022 | 21:13 WIB
X