• Senin, 24 Januari 2022

Terbukti Sakti! Ditembak 10 Kali oleh Regu Tembak, Pria yang Divonis Hukuman Mati Ini Tetap Hidup

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:51 WIB
Ilustrasi peluru tajam. (undark)
Ilustrasi peluru tajam. (undark)

beritajowo.com//Semarang- Wenseslao Moguel bukanlah pahlawan. Tapi bagi pecinta sejarah ia diingat sebagai orang yang bisa mengelabui malaikat mau. Bagaimana tidak, sembilan kali ditembak, pria yang divonis hukuman mati ini nyatanya tetap hidup.

Kisahnya terjadi ketika pecah Revolusi Meksiko. Banyak warga tak bersalah ditangkap dan dituduh pengkhianat bangsa. Tak jelas apakah Moguel anak buah kelompok pemberontak atau bukan, namun ia turut diringkus lalu diadili hingga dijatuhi vonis hukuman mati.

Eksekusi dilakukan oleh regu tembak yang terdiri dari sembilan tentara. Mereka melesakkan peluru secara bersamaan.

Tentara kesepuluh memegang peran paling penting. Begitu tembakan ke sembilan sudah melesak, dia mengarahkan senapan pada organ vital untuk memastikan kematian tahanan.

Moguel ternyata beruntung. Di tanggal 18 Maret 1915 itu, ia sudah ditembak sembilan kali, juga menerima tembakan kesepuluh, namun secara ajaib masih saja selamat.

Dalam kisah yang ceritakan pada Ripley (Believe It or Not !), Moguel menunggu para algojo pergi meninggalkan sambil menahan rasa sakit. Moguel lalu melanjutkan hidup dengan bekas luka di wajah akibat peluru.

Ia menceritakan kisahnya ke seluruh dunia dan hidup sebagai sebuah legenda.

 

 

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menganal Lebih Jauh Suku Dayak

Senin, 24 Januari 2022 | 12:56 WIB
X