• Senin, 24 Januari 2022

10 Jajanan Pasar Yang Kurang Familiar dengan Jajanan Kekinian Anak Milenial, Yang Mana Pilihanmu?

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:32 WIB
jajanan pasar
jajanan pasar

beritajowo.com / semarang - Anak-anak milenial mungkin sudah tidak lagi familiar dengan yang namanya jajanan pasar, karena mereka lebih mengenal jajanan kekinian.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan jajanan pasar yang sudah tidak familiar bagi anak - anak milenial? Masihkah jajanan pasar mampu bersaing dengan jajanan kekinian.

Yuk, mari kita simak penjelasan tentang jajanan pasar yang kurang familiar bagi anak-anak milenial dan jajanan kekinian berikut ini.

Baca Juga: Rempah dan Bumbu Dalam Masakan Indoensia yang Akan Mengguncang Dunia

Jajanan pasar dikenal juga jajanan tradisional, yaitu jajanan yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional, meskipun sekarang juga sudah mulai merambah ke mall atau ke hotel-hotel. Rasa yang terdapat pada makanan tradisional tak kalah lezat dengan jajanan kekinian. Jajanan tradisional berasal dari negri sendiri. Sedangkan jajanan kekinian adalah jajanan yang mengadopsi dari jajanan luar negri, meskipun ada juga yang masih berasal dari jajanan tradisional hanya dipadukan dengan cita rasa modern. Dari pembuatannya biasanya jajanan pasar dibikin sekali habis sehingga tidak banyak menggunakan bahan pengawet. Sedangkan untuk jajan kekinian terkadang ada yang bisa dijadikan hidangan untuk beberapa hari, sehingga ada yang memakai bahan pengawet. Beberapa jenis jajan pasar yang masih bisa dijumpai hingga saat ini diantaranya adalah:

  1. Lopis

Lupis dengan gula aren nikmat sekali. (Agus Iryana/Kabar Fajar)

Lopis adalah makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ketan dibungkus daun pisang, cara memasaknya dengan dikukus. Biasanya klepon dibuat dengan diberi pewarna hijau. Penyajiannya dengan ditaburi parutan kelapa muda dan saus gula merah atau yang lebih dikenal dengan nama kinca.

  1. Cenil

Ilustrasi cemilan cenil (@nyah_laper)

Cenil ini adalah makanan khas Kebumen, Jawa Tengah. Penyajian cenil hampir sama dengan klepon yaitu dengan dibaluri parutan kelapa dan saus gula merah. Yang membedakannya dengan klepon adalah dari pembuatannya. Cenil berbahan dasar tepung kanji. Biasanya cenil dibuat dengan warna-warni.

Baca Juga: Masakan Indonesia siap menjadi Kuliner yang Mengguncang Dunia

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X