• Jumat, 21 Januari 2022

Gelombang Tsunami Menerjang Tonga, Setelah Gunung Api Bawah Laut Hunga Tonga Huapai Meletus

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 23:30 WIB
Tangkapan layar video Tsunami menerjang pesisir Tonga setelah terjadinya letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga Huapai (twiter/Sakakimoana)
Tangkapan layar video Tsunami menerjang pesisir Tonga setelah terjadinya letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga Huapai (twiter/Sakakimoana)

beritajowo.com // Nuku'alofa  - Gelombang Tsunami menerjang kawasan pantai di Tonga setelah terjadinya ledakan gunung berapi bawah laut, Sabtu (15/1/2022).

Tsunami itu merupakan dampak lanjutan dari letusan gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Haʻapai, setelah sebelumnya abu, uap, dan gas menyembur hingga 17 Km ke udara. Sebuah bu vulkanik pun dilaporkan mencapai Nuku'alofa, ibu kota Tonga.

Dikutip dari NZ Herald, rekaman video menunjukkan gelombang tsunami menyapu rumah, sejumlah properti, hingga gereja di Tonga. Sejauh ini belum ada kabar tentang korban jiwa atau luka.

Baca Juga: Chord atau kunci gitar lirik Lagu Melepas Lajang, Ambil Gitarmu Lalu Rayu Sampingmu Dijamin...

"Doakan kami," kicau seorang warga Tonga di media sosial, di saat orang-orang melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi di tengah teriakan kepanikan.

Polisi dan otoritas setempat telah menyarankan semua warga untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi. Ada pula laporan sirene di Nukualofa.

Baca Juga: Daftar Pemain yang Berperan di Film Horor Scream 5

Sebelumnya, Biro Meteorologi (BoM) Australia telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa bagian pantai timur Australia Queensland, New South Wales (NSW), Victoria dan Tasmania—serta pulau Lord Howe, Norfolk dan Macquarie.

Tepat sebelum tengah malam, Layanan Darurat Negara Bagian NSW memerintahkan pemesanan tinggal di dataran rendah Pulau Lord Howe. "Ada ancaman banjir besar, banjir, robekan berbahaya, gelombang dan arus laut yang kuat," bunyi peringatan BoM, yang dilansir AP.

Baca Juga: Sinopsis Top Gun : Maverick Film Terbaru Tom Cruise yang Akan Tayang di Bioskop

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Terkini

Fakta-fakta Menarik Seputar Matahari Buatan China

Kamis, 13 Januari 2022 | 15:25 WIB

Bagaimana sih Cara Kerja Matahari buatan China?

Kamis, 13 Januari 2022 | 12:48 WIB
X