• Selasa, 25 Januari 2022

KSAL Resmikan KRI Golok-688 dan KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991

- Minggu, 16 Januari 2022 | 01:37 WIB
KRI Golok-688 dan KRI dr Wahidin Sudirohusodo-911 yang diresmikan KSAL (istimewa)
KRI Golok-688 dan KRI dr Wahidin Sudirohusodo-911 yang diresmikan KSAL (istimewa)

beritajowo.com // Surabaya - Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL ) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan dua unit Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (15/1/2022).

Dua unit kapal perang yang melengkapi peralatan utama sistem petahanan (alutsista) RI yaitu KRI dr Wahidin Sudirohusono-991 dan KRI Golok-688.

KRI Golok-688 merupakan Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran yang sudah mengadopsi teknologi terbaru yang di bangun oleh PT Lindungi Industry Invest.

Baca Juga: Pernikahan Akan Langgeng Ikuti Nasehat Ustad Abdul Somad

Sedangkan KRI Wahidin-991 adalah kapal jenis bantu Rumah Sakit buatan PT PAL Indonesia.

"Kapal jenis ini tak hanya penting untuk mendukung operasi laut sebagai bagian dari gugus tugas dan armada TNI AL, tapi merupakan wujud nyata dari komitmen TNI AL untuk memodernisasi Alutsista dalam operasi kemanusiaan,” ujar Yudo dalam keterangannya, Sabtu (15/1/2022). 

Yudo menjelaskan, TNI AL memang membutuhkan kapal-kapal terbaru dengan persenjataan mutakhir dan teknologi terbaru. Tujuannya agar dapat mengimbangi kekuatan alutsista negara lain..

Baca Juga: Detik-detik Perias Dhija MUA Artis Asal Solo Melahirkan Sambil Merias, Kisah Inspiratif yang Bikin Haru

Tak hanya itu, dua unit KRI ini dapat digunakan nantinya dalam menghadapi ancaman yang harus kian kompleks dan berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Posisi Indonesia yang berada dalam ring of fire, membuat Indonesia memiliki kerawanan yang tinggi terhadap berbagai jenis bencana alam. Sedangkan kondisi geografi sebagai negara kepulauan sangat memerlukan kemampuan proyeksi pelayanan kesehatan, bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana dari satu pulau ke pulau lain melintasi perairan,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menganal Lebih Jauh Suku Dayak

Senin, 24 Januari 2022 | 12:56 WIB
X