Viral Aksi dari Habib Kribo, Ini Asal Mula Gelar Habib yang Mungkin Belum Banyak Orang Tahu

- Selasa, 18 Januari 2022 | 02:19 WIB
Illustrasi Habib Kribo
Illustrasi Habib Kribo

beritajowo.com // info publik - Habib kribo dianggap fenomenal lantaran sosoknya yang tak pernah muncul di panggung majelis zikir dan tidak berpenampilan seperti seorang agamawan.

Aksi-aksi dari Habib yang berambut Kribo ini belakangan menuai banyak perhatian dari masyarakat.

Habib Kribo viral karena dirinya sempat bersinggungan dengan Haikal Hasan. Bahkan, Habib Kribo beberapa waktu lalu menjadi trending topic, lantaran dirinya membuat Haikal Hasan keteteran dalam debat di sebuah acara TV.

Sebelumnya masyarakat Indonesia sudah kenal sosok habib melalui representasi dari habib seperti Habib Rizieq Shihab,  Habib Luthfi bin Yahya dan Habib Quraish Shihab.

Baca Juga: Ini Lho Alasan Habib Luthfi Mundur dari Mustasyar PBNU

Lalu dari mana asa muasal gelar habib? Ada dua penjelasan mengenai asal gelar habib ini. Pertama disampaikan oleh Sejarawan Islam Tiar Anwar Bachtiar, kedua oleh akun twitter @HafidzAlattas.

Sejarawan Islam Tiar Anwar Bachtiar menjelaskan bahwa ‘habib’ memang menjadi sebutan antropologis untuk orang-orang Hadramaut yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW dari jalur Husein bin Ali.

“Jadi Nabi itu kan punya cucu dua ya. (Nabi) punya anak Fatimah, Fatimah punya anak Hasan dan Husein. Dari Hasan dan Husein ini kan ada banyak keturunan nabi,” paparnya.

Tiar yang mengajar di Universitas Padjajaran Bandung ini mengatakan bahwa asal mula keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia diawali oleh migrasi keturunan cucu Husein dari kawasan Hadramaut di Yaman, bernama Alawi. Keturunan Nabi dari jalur Alawi ini di Indonesia disebut dengan Alawiyin.

“Biasanya keturunan Alawiyin inilah yang disebut sebagai ‘habib’. Habib itu sebenarnya hanyalah sebutan. Kalau sebutan atau gelar resminya adalah ‘Sayyid’, perempuannya adalah ‘Sayyidah’.”

Halaman:

Editor: Paryono BeritaJowo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Makna Filosofi Pada Logo Halal yang Baru

Senin, 14 Maret 2022 | 22:45 WIB

Menag : 10 Poin Persiapan Haji Tahun 2022

Jumat, 25 Februari 2022 | 21:43 WIB

Gus Miftah Dihujat, MUI Angkat Bicara

Selasa, 22 Februari 2022 | 20:48 WIB

Berbagai Kelebihan E-Wallet yang Wajib Diketahui

Jumat, 18 Februari 2022 | 10:40 WIB

Daftar Harga Tiket Pesawat Jakarta Medan Terbaru 2022

Rabu, 16 Februari 2022 | 17:20 WIB
X