Pemerintah Bangun Sejumlah Waduk dan Bendungan untuk Kendalikan Banjir Jakarta

- Rabu, 19 Januari 2022 | 16:51 WIB
Bendungan untuk Kendalikan Banjir Jakarta
Bendungan untuk Kendalikan Banjir Jakarta

beritajowo.com//Jakarta - Banjir Jakarta tidak pernah benar-benar sirna dari wilayah tersebut, hampir setiap tahun di musim penghujan warga Jakarta selalu dihantui dengan air kiriman dari wilayah atas yang sering kali berujung banjir berhari-hari di sejumlah kawasan di Jakarta.

Sejumlah waduk telah di bangun pemerintah untuk melakukan penanggulangan banjir Jakarta, bahkan saat ini menurut data Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta total ada 117 waduk, situ, dan embung. Sedangkan waduk yang berfungsi untuk mengendalikan banjir tersebar di 23 lokasi.

Mulai tahun 2021 lalu, pemerintah provinsi DKI Jakarta juga telah membangun waduk sebagai pengendali banjir Jakarta. Waduk tersebut satu berada di Jakarta Timur dan dua lainnya berada di Jakarta Selatan.

Selain itu dalam mengendalikan banjir Jakarta, pemerintah pusat sejak beberapa tahun lalu telah membangun dua bendungan yakni Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor.

Dua bendungan kering (dry dam), tersebut digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane. Dua proyek tersebut terus dikebut oleh pemerintah dan diuharapkan rampung pada Februari 2022, target ini meleset dari target awal rampung di tahun 2021.

Meleset target tersebut karena disebabkan tingginya curah hujan serta kondisi geologi yang sulit. Diharapkan bila dua bendungan tersebut rampung, maka mampu difungsikan untuk mengendalikan banjir Jakarta.

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2 Pengendara Moge Tabrak Anak Kembar Hingga Tewas

Minggu, 13 Maret 2022 | 13:55 WIB
X