• Selasa, 7 Februari 2023

Pakar Sebut Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bisa Jadi Rawan Kebakaran

- Minggu, 23 Januari 2022 | 12:02 WIB
Ibu Kota Negara Indonesia yang baru (Foto: dok. screenshot)
Ibu Kota Negara Indonesia yang baru (Foto: dok. screenshot)

beritajowo.com//Jakarta- Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah disahkan. Lantas bagaimana kondisi medannya? Apakah IKN aman dari bencana seperti gempa bumi, kebakaran bahkan banjir?

Badan Geologi Kementerian ESDM dan beberapa pihak lain telah melakukan kajian dan hasilnya sudah disampaikan pada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Menurut hasil kajian Badan Geologi, ibu kota baru relatif aman dari ancaman gempa. Tapi bukan berarti benar-benar bebas dari ancaman gempa.

"Secara umum hasil kajian kami, sudah kami sampaikan ke Bappenas, beberapa survei sudah dilakukan detail namun ada beberapa yang perlu penelitian lebih lanjut. Stabilitas tanahnya, juga dari sisi air tanah, ini sudah dilakukan kajian. Juga potensi kebencanaan. Daerah Kalimantan relatif stabil dari record seismik. Namun kami mencatat ada juga beberapa patahan di sana. Ini perlu dilihat lagi apakah beberapa patahan di sana berpotensi mengganggu," kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono dalam konferensi pers capaian kinerja dan rencana kerja 2022, dikutip dari akun youtube Badan Geologi pada Minggu (23/1).

Ancaman bencana lain yang dikaji oleh Badan Geologi adalah kebakaran akibat tersingkapnya cadangan batu bara di dalam tanah. Wilayah Kalimantan Timur memang punya banyak sumber daya alam, salah satunya batu bara.

Badan Geologi memetakan lokasi batu bara yang mudah tersingkap untuk menghindari bahaya tersebut. Diharapkan nantinya tata kota IKN Nusantara memperhatikan hal ini.

"Dari sisi potensi sumber daya alam, memang Kalimantan daerah penghasil energi. Ada batu bara, ada migas. Kami petakan persebaran batu bara karena batu bara kalau terekspos dia mudah terbakar. Kami petakan mana daerah yang betul-betul aman, ada yang mudah tersingkap sehingga mudah terbakar. Saya kira ini juga menjadi bahan pertimbangan untuk tata kota ke depannya," papar Eko.

 

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral,Video Buruh Wanita Mencak-mencak ke Bosnya

Senin, 6 Februari 2023 | 18:57 WIB

Ingin Untung Besar dengan Modal Kecil?Lakukan Ini!

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:50 WIB

Viral Video Penculik Anak di Gunduli Rambutnya

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:22 WIB

Gempa Bali 5,2 Magnitudo tidak Berpotensi Tsunami

Selasa, 13 Desember 2022 | 19:25 WIB
X