Yuk Intip Target Kandidat Calon Kepala Otorita IKN baru Nusantara

- Minggu, 23 Januari 2022 | 21:04 WIB
Menurut Presiden Jokowi, Pemimpin IKN baru Nusantara, idealnya berbasic arsitek (dok, CNN Indonesia)
Menurut Presiden Jokowi, Pemimpin IKN baru Nusantara, idealnya berbasic arsitek (dok, CNN Indonesia)

beritajowo.com // Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang melakukan berbagai macam persiapan untuk pemindahan Ibu Kota Negara IKN baru dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Salah satunya yakni mengenai siapa yang akan memimpin atau Kepala Otorita di wilayah IKN Nusantara tersebut.

Dalam sebuah kesempatan Presiden Jokowi sempat mengatakan ingin IKN Nusantara dipimpin oleh Kepala Otorita yang seorang arsitek dan memiliki kualifikasi serta pengalaman menjadi seorang pemimpin daerah.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong, menyebut memang idealnya adalah seseorang yang memiliki latar belakang seorang arsitek membangun sebuah kota. Itu akan menjadi poin tambahan untuk menjadi Kepala Otorita IKN baru.

"Tentu yang paling ideal adalah yang memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang kepemimpinan membangun sebuah kota dengan segala kompleksitasnya itu jadi poin plus. Pertimbangan presiden bisa dari mana saja termasuk dari apa yang berkembang di ruang publik," kata Wandy yang dikutip Kamis 20 Januari 2022.

Berikut daftar Arsitek yang juga memiliki pengalaman memimpin sebuah daerah:

1. Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat ini sebelumnya pernah bekerja sebagai dosen arsitektur di Institut Teknologi Bandung. Banyak karya yang sudah dibuat Ridwan Kamil baik di dalam maupun di luar negeri. Lulusan Universitas California Berkeley ini telah membuat sejumlah bangunan yang menjadi icon diantaranya Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh, Sekolah anti gempa di Pangalengan Bandung dan Ridwan Kamil juga mendesain kawasan elit di Kuningan Jakarta.

2.Tri Rismaharini

Menteri Sosial yang juga mantan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini merupakan jebolan sarjana di jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan pendidikan pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota di kampus yang sama.

Pada 4 Maret 2015, ia mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).[14] Gelar kehormatan tersebut diberikan dalam bidang Manajemen Pembangunan Kota di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2 Pengendara Moge Tabrak Anak Kembar Hingga Tewas

Minggu, 13 Maret 2022 | 13:55 WIB
X