• Jumat, 27 Mei 2022

Menganal Lebih Jauh Suku Dayak

- Senin, 24 Januari 2022 | 12:56 WIB
Suku Dayak Kalimantan
Suku Dayak Kalimantan

beritajowo.com//Balikpapan - Pernyataan Edy Mulyadi yang disampaikan beberapa waktu lalu, membuat masyarakat Kalimantan dan Dayak marah. Namun, pada Senin (24/1/2022), Edy Mulyadi melalui akun YouTube-nya telah menyampaikan permintaan maafnya.

Kita tidak akan membahas permintaan maaf Edy Mulyadi, namun membahas asal usul suku Dayak.

Suku Dayak merupaakan suku bangsa atau etnik yang mendiami Pulau Kalimantan, suku tersebut hingga kini memiliki memiliki 268 sub-suku yang terbagi dalam enam rumpun. Enam rumpun tersebut yakni Rumpun Punan, Rumpun Klemantan, Rumpun Apokayan, Rumpun Iban, Rumpun Murut, dan Rumpun Ot Danum.

Baca Juga: Profil Edy Mulyadi Jadi Wartawan Era Orba Soeharto, Terjun ke Politik Gabung PKS, Jadi Pengkritik Jokowi

Baca Juga: Profil Edy Mulyadi : Mantan Wartawan Penuh Kontroversi

Dari keenam rumpun itu, Rumpun Punan merupakan suka paling tua yang mendiami Pulau Kalimantan.

Estimologi Dayak menurut Lindblad, berasal dari kata daya dari bahasa Kenyah, yang berarti hulu sungai atau pedalaman. Sedangkan King menduga Dayak mungkin juga berasal dari kata aja, sebuah kata dari bahasa Melayu yang berarti asli atau pribumi.

Ada juga sebagian lainnya yang mengklaim istilah Dayak menunjuk pada karakteristik personal yang diakui oleh orang-orang Kalimantan, yakni kuat, gagah, berani, dan ulet.

Baca Juga: Profil Edy Mulyadi Jadi Wartawan Era Orba Soeharto, Terjun ke Politik Gabung PKS, Jadi Pengkritik Jokowi

Baca Juga: Profil Edy Mulyadi : Mantan Wartawan Penuh Kontroversi

Namun hingga kini istilah Dayak sendiri masih diperdebatkan oleh para ahli. Sedangkan istilah Dayak pertama kali digunakan oleh oleh seorang ilmuwan Belanda bernama August Kaderland pada tahun 1895. Nmun sebetulnya jauh sebelum itu istilah Dayak juga digunakan dalam perjanjian Sultan Banjar dengan Hindia Belanda tahun 1826.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X