• Selasa, 16 Agustus 2022

Kapan Tahun Baru Imlek 2022? Yuk Siap-siap Merayakan, Sebentar Lagi Lho

- Rabu, 26 Januari 2022 | 07:32 WIB
Tahun Baru Imlek, pernah dilarang hingga ditetapkan sebagai hari nasional dan hari libur. Foto: Gasi Tionhoa di tengah perayaan Tahun Baru Imlek (Pixabay/akkasit_tom)
Tahun Baru Imlek, pernah dilarang hingga ditetapkan sebagai hari nasional dan hari libur. Foto: Gasi Tionhoa di tengah perayaan Tahun Baru Imlek (Pixabay/akkasit_tom)

beritajowo.com // semarang - Kapan tahun baru Imlek 2022? pertanyaan ini sering muncul jelang Tahun Baru China 2537 Kongzili atau Hari Raya Imlek.

Berdasarkan SKB 3 Menteri, Hari Imlek 2022 jatuh pada hari Selasa, 1 Februari 2022.

Perayaan Hari Imlek atau Tahun Baru China masuk ke dalam hari besar, sehingga pemerintah menetapkannya sebagai salah satu hari libur nasional.

Baca Juga: 4 Menu Kuliner Enak dan Lezat Untuk Rayakan Pesta Malam Tahun Baru Imlek

Menurut sejarah, hari Imlek sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini bermula ketika orang China kuno berkumpul untuk merayakan masa akhir panen.

Namun berdasarkan catatan pertama dikatakan bahwa perayaan Imlek berasal dari periode Negara-Negara Berperang. Ini terjadi ketika Dinasti Zhou akan runtuh.

Dinasti yang berbeda kemudian melakukan praktik dan ritual yang berbeda pula. Seperti ritual pembersihan rumah secara menyeluruh (Qin), pemujaan leluhur (Han), makan dan minum sepanjang malam (Jin), memberikan uang kepada anak-anak (Song), dan makan pangsit (Ming).

Baca Juga: Dikira KDRT, ini Klarifikasi Inul Daratista tentang Unggahan Foto Memar

Berdasarkan penetapan hari libur tahun 2022, tahun baru imlek jatuh pada 1 Februari 2022 yang jatuh pada hari Selasa.

Adapun daftar lengkap hari libur nasional tahun 2022 adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X