• Minggu, 25 September 2022

Peluang Jadi PNS! Kudus Masih Kekurangan 2.550 Orang untuk Diangkat PNS

- Jumat, 4 Februari 2022 | 18:14 WIB
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN)
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN)

beritajowo.com//Kudus- Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengaku saat ini masih membutuhkan sekitar 2.550 orang untuk diangkat sebagai aparatur sipil negara (ASN) guna memenuhi kebutuhan ideal ASN.

Ini menyusul banyaknya ASN yang memasuki masa pensiun setiap tahunnya.

"Kami mencatat, kebutuhan ideal ASN di Kabupaten Kudus sebanyak 9.000 orang, sedangkan yang ada sekarang hanya 6.450 ASN," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Putut Winarno.

Menurut dia kekurangan ASN di Kabupaten Kudus yang mencapai ribuan itu, bisa dipenuhi, baik dengan pengangkatan CPNS maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Sementara itu, kata dia, rata-rata jumlah ASN yang memasuki masa pensiun setiap tahun jika dihitung sejak tahun 2019 hingga 2021 maka mencapai 460-an orang.

Dari kekurangan ribuan pegawai tersebut, menurut Putut, paling besar untuk tenaga kesehatan dan pendidik, sedangkan dalam waktu dekat pemerintah juga hendak menghapus tenaga honorer pada 2023, sehingga jika benar-benar diberlakukan akan semakin kekurangan, terutama guru.

Untuk penambahan pegawai, Pemkab Kudus pada Tahun 2022 akan mengangkat CPNS dan PPPK dari formasi pendaftaran 2021 sebanyak 420 orang, namun jumlah tersebut belum memenuhi kebutuhan pegawai di daerah itu.

Bupati Kudus Hartopo meminta para pensiunan PNS untuk tetap berkontribusi bagi bangsa dan negara yang dapat dimulai dari keluarga dan lingkungan.

"Kelonggaran waktu yang dimiliki setelah ini diharapkan dapat digunakan untuk hal-hal yang positif, dengan cara manfaatkan waktunya agar lebih produktif. Terlebih jika tetap bisa mengabdikan diri dan berperan aktif di tengah masyarakat sebagai bentuk kontribusi bagi bangsa ini," terangnya.

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Suami Diduga Dalang Penembakan di Banyumanik

Minggu, 24 Juli 2022 | 18:41 WIB
X