• Senin, 27 Juni 2022

Polemik TOA Majid: Selain Indonesia, Aturan Penggunaan Toa Majid Juga Dilakukan Oleh 6 Negera Ini

- Senin, 28 Februari 2022 | 11:06 WIB
Penggunaan toa masjid di beberapa negara (Toa di Indonesia peninggalan kolonial Jepang)
Penggunaan toa masjid di beberapa negara (Toa di Indonesia peninggalan kolonial Jepang)

beritajowo.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan aturan melalui surat edaran menteri agama yang mengatur volume toa majid.

Aturan negara mengenai toa masjid ini menjadi polemik di media sosial. Pro dan kontra bermunculan dengan menyampaikan argumennya.

Selain aturan toa masjid yang dibuat Agama Yaqut Cholil Qoumas, ternyata perdebatan toa masjid juga pernah ada di negara ini.

Dilansir dari postingan Muchlis Hanafi dalam postingan FB nya, dia menjelaskan beberapa negara yang juga berusaha mengatur penggunaan toa majid di negaranya. Berikut daftarnya, 

Baca Juga: Tidak Hanya di Indonesia, Aturan Toa Masjid Juga Sempat Menjadi Polemik di Mesir. Begini Ceritanya !

1. Mesir

Muchlis Hanafi  yang pernah belajar ini menjelaskan, salah seorang ulama terkemuka di Mesir abad 20, Syeikh Mutawalli Sya`rawi pernah berkomentar mengenai toa masjid di Mesir.

Di kota dengan julukan ‘seribu menara’ masjid/musala berdekatan. Saat azan tiba, keluar suara bertalu-talu dan sahut-sahutan dengan nada dan irama macam-macam.

‘Haadza ghawghaa`iyyatut tadayyun’! (Ini sikap beragama yang kacau dan meresahkan!). Syeikh Mutawalli Sya`rawi menambahkan, “TOA menjadi petaka terbesar umat di era modern”.

Lebih-lebih di pagi gulita. Sudah ada yang ‘bengak-bengok’ (yuhabhab) jelang subuh tiba. Padahal, kata Syarawi, ada orang sakit dan orang tua yang tidak bisa tidur sepanjang malam. Baru perlahan pulas jelang subuh.

Halaman:

Editor: Paryono BeritaJowo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Unik Google Merayakan Hari Bumi 2022

Selasa, 15 Maret 2022 | 11:38 WIB

Mengungkap Fakta Penyebab Jatuhnya Yahoo

Rabu, 9 Maret 2022 | 13:38 WIB

Viral, Suara Adzan Bikin Bayi Tenang Berhenti Menangis

Minggu, 27 Februari 2022 | 20:47 WIB
X