• Senin, 27 Juni 2022

Mengungkap Fakta Penyebab Jatuhnya Yahoo

- Rabu, 9 Maret 2022 | 13:38 WIB

beritajowo.com- Yahoo diberdirikan oleh dua orang lulusan Stanford yaitu Jerry Yang dan David Filo pada Januari 1994. Sebelum Yahoo, mereka telah mengembangkan sebuah situs web bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web”. Kemudian Jerry dan David mengubahnya menjadi Yahoo pada April 1994. Yahoo sendiri merupakan kepanjangan dari “Yet Another Hierarchically Organized Oracle”.

Sepanjang tahun 90-an, Yahoo mengalami pertumbuhan yang begitu pesat dalam kurun waktu dua tahun dan harga saham naik 600% pada April 1996. Yahoo juga pernah menerima 95 juta tampilan halaman per harinya. Terlepas dari prestasi dan kinerja Yahoo yang begitu fantastis pada usaha awalnya, hal itu hanya dirasakan sebentar saja dan mulai berantakan pada akhir tahun 2000-an karena beberapa sebab.

Berikut beberapa alasan jatuhnya Yahoo yang kalah bersaing dengan Web-Web raksasa di dunia:

  1. Tidak segan bekerja sama dengan Google

Awalnya Larry Page dan Sergei Brin menawarkan algoritma Google ke Yahoo dengan harga 1 juta dolar, namun Yahoo menolaknya. Padahal konsep algoritma membantu mesin pencarian Yahoo bekerja lebih cepat.

Alasan Yahoo menolak tawaran tersebut karena ingin platformnya berdiri sendiri. Dan tergiur oleh banyaknya pengguna Yahoo pada awal berdirinya platform tersebut. Justru di era 2000 an web-web raksasa makin ketat bersaing dan makin memperbanyak kerja sama kepada perusahaan-perusahaan lainnya.

2002, Yahoo kembali menolak tawaran Google seharga 5 miliar. Yahoo menegoisasikan berbulan-bulan dengan harga 3 miliar, namun Google tetap ingin mendapatkan 5 miliar, sampai kesepakatan harga pun tidak tercapai dan akhirnya Yahoo berdiri di kakinya sendiri.

  1. Gagal Negoisasi dengan Facebook

            Lagi-lagi gagal dalam hal negoisasi, Yahoo kembali menawarkan 1 miliar ke Facebook pada 2006, namun Facebook meminta 1,1 miliar. Berdasarkan laporan, dewan direksi akan memaksa Zuckerberg untuk menerima tawaran sebesar 1,1 miliar, namun eksekutif Yahoo tidak sepakat akan harga itu karena dinilai terlalu tinggi.

Baca Juga: Mesin Pencari Internet Rusia, Yandex Terancam Bangkrut

  1. Gagalnya Yahoo bergabung dengan Microsoft

            Meski pernah menolak tawaran pengambilalihan Microsoft senilai 44,6 miliar dollar, Yahoo akhirnya menandatangani kesepakatan dengan Microsoft pada 2009 untuk menggunakan mesin pencari Bing setelah gagal mengembangkan mesin pencarian mereka. Kegagalan ini dikarenakan Yahoo tidak mengedepankan staf pemrograman yang mempunyai kapabilitas tinggi seperti Microsoft, Facebook dan lain-lain.

  1. Kegagalan dengan Tumblr

            Yahoo juga membeli Tumblr seharga 1,1 miliar dolar pada 2013. Banyak pengguna Tumblr tidak senang dengan akuisisi ini dan melakukan petisi online yang mendapatkan 170.000 tanda tangan. Setelah menginvestasikan ratusan juta dolar ke dalam proyek tersebut, Tumblr menghilang dan Yahoo sudah berharap besar bahwa Tumblr akan menjadi salah satu peluang terakhir untuk perjalanan bisnisnya.

Halaman:

Editor: Syahid Abdulloh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Unik Google Merayakan Hari Bumi 2022

Selasa, 15 Maret 2022 | 11:38 WIB

Mengungkap Fakta Penyebab Jatuhnya Yahoo

Rabu, 9 Maret 2022 | 13:38 WIB

Viral, Suara Adzan Bikin Bayi Tenang Berhenti Menangis

Minggu, 27 Februari 2022 | 20:47 WIB
X