• Senin, 27 Juni 2022

Perempuan ini Terkena Sindrom Langka Hingga Sekujur Tubuhnya Dipenuhi Ruam Merah dan Bibir Melepuh

- Selasa, 15 Maret 2022 | 15:38 WIB
Penyakit Langka Sindrom Steven-Johnson (Hallosehat.com)
Penyakit Langka Sindrom Steven-Johnson (Hallosehat.com)

beritajowo.com- Beredar sebuah video viral di TikTok yaitu seorang perempuan cantik yang saat itu sedang berjuang sembuh melawan Covid. Diketahui pengguna akun TikTok tersebut bernama Afina Syifa.

Kurang lebih sebulan lamanya, Afina harus menerima kondisi yang ia alami bersamaan dengan masa penyembuhan Covid. Ruam yang semakin parah dan membanjiri sekujur tubuhnya serta pembengkakakan di wajah dan bibirnya yang melepuh membuatnya harus terbaring di rumah sakit. Memang tak mudah untuk dilalui Afina, tapi ia berhasil melewati hari-hari itu dengan semangat dari orang-orang sekitar.

Afina terkena sebuah penyakit langka yang biasa disebut dengan Sindrom Stevens Johnson. Sindrom tersebut merupakan salah satu kelainan yang sering terjadi pada kulit dan diduga akibat reaksi tubuh terhadap adanya obat atau paparan infeksi virus dan bakteri. Pengidap sindrom ini harus memerlukan penanganan khusus karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Baca Juga: Kontroversi dan Klarifikasi MS Glow Terkait Acara Paris Fashion Week

Ciri-ciri yang dialami Afina sendiri pun sama persis dengan gejala yang terjadi pada Sindrom Stevens Johnson. Dilansir dari laman halodoc, bahwa beberapa gejala lanjutan dari sindrom tersebut yaitu adanya bintik kemerahan pada kulit yang menyebar dan menyatu sehingga membentuk ruam. Ruam akan terasa gatal dan nyeri sampai timbul luka lepuh. Luka lepuh dapat muncul di bagian hidung, mata, mulut dan kelamin. Afina sendiri salah satunya mengalami luka lepuh pada bagian mulut hingga menghitam karena adanya pengelupasan kulit.

Di video TikTok yang baru ia unggah, Afina sudah terlihat senang dan bahagia karena perlahan sindrom tersebut menghilang dan kulitnya sudah kembali seperti semula. Ia pun juga sudah diperbolehkan dokter untuk memakai makeup yang biasa ia pakai.

Dalam akhir video Afina menceritakan, bahwa ia terkena sindrom tersebut bukan karena obat yang ia konsumsi saat terkena Covid, melainkan mengonsumsi obat-obatan yang berkenaan dengan gangguan kesehatan mentalnya.

Baca Juga: Cara Unik Google Merayakan Hari Bumi 2022

Editor: Syahid Abdulloh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X