• Senin, 27 Juni 2022

5 Fase Pandemi Menurut Reisa Broto, Bersiap-siaplah Indonesia

- Selasa, 15 Maret 2022 | 21:09 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid 19 Reisa Broto Asmoro
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid 19 Reisa Broto Asmoro

beritajowo.com- Dua tahun menjalani hidup di masa pandemi memang tidak mudah. Semua aspek kehidupan dipaksa berhenti dan dilema berat akan pertanyaan-pertanyaan yang tak berjawab “sampai kapan Covid berakhir?”

Dalam keadaan yang serba susah, sebagai manusia sudah semestinya tetap banyak-banyak bersyukur kepada Tuhan karena masih diberikan kesempatan untuk hidup sampai detik ini.

Baca Juga: Mengejutkan, Indonesia Memasuki Tahap Endemi Covid-19

Setelah ramai menggemborkan varian Omicron, sepertinya kabar tersebut tiba-tiba saja lenyap dan kabar baiknya Indonesia sedang mendekati fase endemi. Hal ini ditandai dengan kebijakan pemerintah yang memberikan kelonggaran masyarakat untuk kembali beraktifitas seperti biasanya. Selain itu, tren kasus Covid-19 saat ini juga makin membaik dan mereda.

Reisa Broto Asmoro, Juru bicara pemerintah khusus Covid-19 menyampaikan informasi dalam Siaran Sehat RRI pada Senin lalu (14/3/2022). Bahwa tren penurunan kasus Covid-19 mengingatkan masyarakat untuk bersiap-siap memasuki fase deselerasi, yaitu fase sebelum endemi dan fase setelah pandemi. Reisa juga menuturkan jika penanganan kasus Covid-19 di Indonesia juga makin membaik.

Baca Juga: Kontroversi dan Klarifikasi MS Glow Terkait Acara Paris Fashion Week

Reisa juga menjelaskan bahwa dalam suatu pandemi terdapat lima fase yang harus dilewati. Yaitu pandemi, deselerasi, endemi, eliminasi dan eradikasi. Indonesia sendiri sudah berhasil melalu fase pandemi.

Pada fase deselarisasi, dimana penurunan jumlah kasus baru secara global serta masih terbentuk varian baru dan imunitas. Dan jika sudah masuk pada fase endemi maka penyebaran virus menjadi suatu kewajaran yang konsisten namun hanya pada wilayah tertentu saja.

 Baca Juga: Perempuan ini Terkena Sindrom Langka Hingga Sekujur Tubuhnya Dipenuhi Ruam Merah dan Bibir Melepuh

Halaman:

Editor: Syahid Abdulloh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X