• Minggu, 14 Agustus 2022

Ma’ruf Amin Desak MUI Segera Munculkan Fatwa Ganja untuk Medis, Bagaimana Prosesnya?

- Rabu, 29 Juni 2022 | 14:13 WIB
Kyai Ma'ruf Amin Minta MUI Keluarkan Fatwa Tentang Penggunaan Ganja Medis (Instagram @kyaimarufamin)
Kyai Ma'ruf Amin Minta MUI Keluarkan Fatwa Tentang Penggunaan Ganja Medis (Instagram @kyaimarufamin)

beritajowo.com -  Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin mendesak MUI untuk membuat fatwa mengenai wacana penggunaan ganja untuk kebutuhan medis.

“Masalah ganja untuk kesehatan, saya kira MUI harus segera membuat fatwanya, fatwa baru,” ucap Ma'ruf yang dilansir dari CNN pada Selasa (28/6).

Ma'ruf menjelaskan fatwa tersebut nantinya dapat menjadi pedoman bagi DPR dalam menanggapi ganja untuk kesehatan dan pengobatan.

“Jangan sampai nanti berebihan dan juga menimbulkan kemudharatan. Karena ada berbagai spesifikasi itu, ya ganja itu ada varietasnya. Supaya MUI nanti buat fatwa yang berkaitan dengan varietas-varietas ganja itu,” jelas Ma'ruf saat diwawancara oleh CNN.

Baca Juga: Khasiat Ganja dalam Medis dan risikonya

Desakan tersebut akhirnya dikabulkan pemerintah melalui Kabag Humas Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Tubagus Erif Faturahman dan akan terus mendalami legalitas ganja untuk tujuan medis.

Erif mengatakan, pemerintah akan memilah dan memilih sisi baik dan buruk dari ganja dengan meminta pendapat dari beberapa ahli disiplin ilmu seperti kesehatan, sosial, agama dan lain sebagainya.

“Apabila sisi positifnya lebih banyak, maka pemerintah akan menurunkan keabsahan dan legalisasi ganja untuk medis. Itupun dengan prosedur dan keamanan yang ketat untuk menghindari,” jelas Erif kepada CNN.

Baca Juga: Ngeri, Usai Halalkan Ganja Kini Thailand Legalkan LGBT Pernikahan Sesama Jenis

Halaman:

Editor: Syahid Abdulloh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X