• Senin, 5 Desember 2022

BPIP Tegaskan bahwa Ideologi Pancasila Harus Menjadi Prinsip Dasar ASN dalam Bekerja

- Rabu, 6 Juli 2022 | 14:24 WIB
Dewan BPIP menegaskan bahwa ASN harus menjadikan Pancasila sebagai prinsip dasar dan acuan dalam bekerja
Dewan BPIP menegaskan bahwa ASN harus menjadikan Pancasila sebagai prinsip dasar dan acuan dalam bekerja

beritajowo.com // Kupang - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menuntut bahwa Pancasila harus menjadi prinsip dasar untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam melaksanakan tugasnya (working ideology) sebagai abdi negara, para ASN diharuskan untuk mengaplikasikan Pancasila sebagai landasannya.

Hal tersebut ditegaskan oleh Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo dalam gelaran Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa, (5/7).

Baca Juga: Inilah 5 Ciri-ciri Wanita yang Bernafsu Tinggi, Punya Bulu Lebat hingga Leher Bergaris

“Tugas ASN adalah mengaplikasikan Pancasila dalam Logos atau pengetahuan, Ethos semangat bekerja dan Pathos kesetiakawanan serta menjadikan Pancasila sebagai acuan dalam bekerja” ujarnya saat membuka acara.

Menurutnya dalam dunia digital kesadaran kritis kerap hilang, tanpa adanya pendidikan literasi akan menjadikan kita mekanis seperti robot.

“Dalam sejarah kita dapat belajar Ideologi Pancasila tidak hanya menjadi falsafah tetapi juga menjadi alat pemersatu, Pancasila menjadi dasar dari segala dasar dan sumber dari segala sumber” paparnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini ASN menghadapi era digitalisasi yang tidak mengenal ruang dan waktu yang harus dijadi kesempatan oleh para ASN dalam membumikan nilai-nilai Pancasila melalui ruang digital.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo
Hal ini dikarenakan masih banyak ruang dan waktu yang diisi oleh berita-berita bohong, ujar kebencian bahkan menurutnya hampir semua lini sudah terkena virus radikalisme yang ingin menggantikan Ideologi Pancasila dengan Ideologi yang lain melalui ruang digital.

“Orang Indonesia yang mengakui hidup di bumi Indonesia maka Ideologinya harus Pancasila dan menjadikan Pancasila sebagai living Ideologi” sambungnya.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X