• Senin, 5 Desember 2022

Pancasila Prinsip Dasar, Kondisi Sosial Politik di Provinsi NTT Aman dan Terkendali

- Rabu, 6 Juli 2022 | 16:46 WIB
Pancasila. (3kuningan).
Pancasila. (3kuningan).

Kupang / beritajowo.com - Kondisi sosial politik di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) relatif aman dan terkendali.

Namun masih dibutuhkan penyamaan persepsi dan sikap wawasan kebangsaan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pengaruh perubahan berbagai potensi dalam negeri yang dapat menyebabkan terjadinya distabilitas di daerah.

“Kami bersyukur kondisi politik dan sosial khususnya di NTT saat ini relative aman dan terkendali, maka dengan kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada BPIP karena terus memberikan penguatan kepada masyarakat NTT dan umumnya masyarakat Indonesia timur terhadap nilai-nilai luhur”, jelas Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi NTT Ir. Yohanes Oktavianus, M.M.

Baca Juga: Rendang Daging, Olahan Daging Kurban

Pejelasan itu bersamaan dengan  Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa, (5/7) yang diadakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo menegaskan Pancasila harus menjadi prinsip dasar dalam melaksanakan tugasnya (working ideology) dalam bekerja sebagai abdi negara.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo (Dok. BPIP - INDEPENDEN)
“Tugas ASN adalah mengaplikasikan Pancasila dalam Logos atau pengetahuan, Ethos semangat bekerja dan Pathos kesetiakawanan serta menjadikan Pancasila sebagai acuan dalam bekerja” ujarnya saat membuka acara.

Menurutnya dalam dunia digital kesadaran kritis kerap hilang, tanpa adanya pendidikan literasi akan menjadikan kita mekanis seperti robot.

Baca Juga: Resep Cabuk Rambak Bumbu Wijen Khas Solo

Ia juga menjelaskan saat ini ASN menghadapi era digitalisasi yang tidak mengenal ruang dan waktu harus menjadi kesempatan ASN dalam membumikan nilai-nilai Pancasila melalui ruang digital.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X