• Selasa, 27 September 2022

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan AIHSP Dorong Program Komunikasi Antar Pribadi

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 01:53 WIB
AIHSP bersama Dinkes Jateng dukung percepatan vaksinasi Covid-19 dan (istimewa)
AIHSP bersama Dinkes Jateng dukung percepatan vaksinasi Covid-19 dan (istimewa)

beritajowo.com // Semarang - Upaya percepatan vaksinasi Covid-19 secara berkelanjutan terus dilaksanakan pemerintah, serta pemberian edukasi terkait pentingnya vaksinasi dan bahaya Covid-19 yang masih ada di tengah masyarakat, termasuk melalui pendekatan komunikasi antar pribadi.

Terkait hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) bekerjasama dengan Program Kemitraan Australia-Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP), menyelenggarakan kegiatan Orientasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP) dalam upaya pencegahan Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Awan Sewu Semarang, Jawa Tengah ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga kesehatan dalam menyampaikan informasi secara persuasif kepada beragam kelompok warga, dalam pengendalian Covid-19.

Baca Juga: Keistimewaan Rutin Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Menurut Ustad Adi Hidayat

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Provinsi Jateng, dr. Wahyu Setianingsih, M.Kes (Epid), menyampaikan bahwa penanganan pandemi Covid-19 tidak hanya berfokus pada layanan kesehatan saja, namun juga kemampuan masyarakat dalam memahami dan mengatasi pandemi ini secara bersama-sama, sehingga kemampuan dalam komunikasi yang baik sangat diperlukan.

“Kelompok rentan, seperti lansia, orang-orang dengan penyakit tertentu, bayi, balita dan disabilitas membutuhkan perlindungan yang lebih baik. Melalui keterampilan KAP, kelompok ini diharapkan dapat terjangkau dengan lebih efektif, dan tercapai perubahan perilaku untuk melindungi diri dan menghindari faktorfaktor risiko Covid-19 secara mandiri,” jelasnya.

Kegiatan orientasi ini mendasarkan diri pada “Modul Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas dalam Percepatan Pencegahan Stunting di Indonesia”, yang telah disesuaikan untuk kepentingan pencegahan Covid-19 serta percepatan vaksinasi Covid-19, yakni

“Strategi Komunikasi dalam Upaya Pencegahan COVID-19”
“Komunikasi Antar Pribadi dalam Pencegahan COVID-19”
“Bina Suasana dalam.Pencegahan COVID-19”
“Belajar Partisipatif dalam Pencegahan COVID-19”
“Metode dan Media dalam Pencegahan COVID-19”
“Teknik Fasilitasi Dalam KAP Pencegahan COVID-19”
“Praktik “KAP”.

Baca Juga: 17 Tips dan Trik Saat di Dapur, Emak-Emak Kudu dan Wajib Baca

Selain pemaparan teori, pada kesempatan tersebut, peserta yang terdiri dari tenaga kesehatan dari Dinkes dan juga para relawan serta petugas Palang Merah Indonesia (PMI) se-Provinsi Jateng juga terlibat aktif dalam diskusi, curah pendapat dan praktik langsung dengan bermain peran sesuai topik yang diberikan.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Suami Diduga Dalang Penembakan di Banyumanik

Minggu, 24 Juli 2022 | 18:41 WIB
X