• Kamis, 29 September 2022

Hari ini, 3 September 2022, Jenazah Mikhail Gorbachev, Sang Presiden Terakhir Uni Soviet akan Dimakamkan

- Sabtu, 3 September 2022 | 06:12 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin saat memberikan penghormatan terhadap jenazah Mikhail Gorbachev presiden terakhir Uni Soviet (istimewa)
Presiden Rusia Vladimir Putin saat memberikan penghormatan terhadap jenazah Mikhail Gorbachev presiden terakhir Uni Soviet (istimewa)

beritajowo.com // Moskow - Jenazah Mikhail Gorbachev rencananya akan dimakaman pada Sabtu 3 September 2022 setelah upacara publik di Aula Kolom Moskow di dalam House of Unions Moskow.

Rencana pemakaman Mikhail Gorbachev diketahui dari sejumlah laporan kantor berita Rusia yang mengutip putri Gorbachev dan juru bicara yayasannya.

Dilaporkan bahwa prosesi pemakaman akan berlangsung di Hall of Columns yang terkenal di dalam House of Unions Moskow, tempat yang sama di mana jasad Josef Stalin dipajang setelah kematiannya pada tahun 1953.

Hall of Columns yang berlokasi di dekat Kremlin, menjadi tempat pemakaman para pemimpin Soviet Vladimir Lenin, Josef Stalin dan Leonid Brezhnev.

Rencananya, Gorbachev akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya Raisa, yang meninggal pada 1999, kata kantor berita Tass, mengutip yayasan yang didirikan mantan pemimpin Soviet itu begitu dia tidak lagi menjadi presiden.

Pemakaman sang pemimpin terakhir Uni Soviet, Mikhail Gorbachev juga dipastikan tidak menggunakan prosesi kenegaraan seperti penghargaan yang diberikan penuh kepada penggantinya Boris Yelstsin.

Presiden Rusia Vladimir Putin pun dipastikan tidak akan menghadiri pemakaman Gorbachev yang dinilai gagal mencegah runtuhnya kekaisaran Soviet.

Sebelumnya, pada hari Kamis, televisi pemerintah menunjukkan Putin dengan sungguh-sungguh menempatkan mawar merah di samping peti mati Gorbachev yang dibiarkan terbuka di Rumah Sakit Klinik Pusat Moskow.

Rumah sakit yang menjadi saksi bisu di mana ia meninggal pada hari Selasa dalam usia 91 tahun.

Untuk tambahan, Mikhail Gorbachev merupakan pemimpin Soviet yang diidolakan di Barat karena membiarkan Eropa Timur lepas dari kendali Komunis Soviet.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Terkini

Yuk Intip Sumber Penghasilan Ratu Elizabeth II

Selasa, 13 September 2022 | 23:04 WIB

TIRANG BEACH, PARADISE IN SEMARANG

Selasa, 6 September 2022 | 18:55 WIB

Sikidang Dieng, the place of sulfure

Senin, 5 September 2022 | 05:30 WIB

Cara Unik Google Merayakan Hari Bumi 2022

Selasa, 15 Maret 2022 | 11:38 WIB

Mengungkap Fakta Penyebab Jatuhnya Yahoo

Rabu, 9 Maret 2022 | 13:38 WIB
X