• Jumat, 9 Desember 2022

Hasil Pengusutan, Kapolri Tetapkan 6 Tersangka dalam Tragedi Kanjuruhan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 23:26 WIB
Kapolri Ungkap 6 Tersangka Tragedi Kerusuhan Kanjuruhan Beberapa Polisi Ikut Diperiksa (Youtube Polri TV Radio)
Kapolri Ungkap 6 Tersangka Tragedi Kerusuhan Kanjuruhan Beberapa Polisi Ikut Diperiksa (Youtube Polri TV Radio)

beritajowo.com // Malang - Kapolri Jenderal Listyo Sigit menetapkan enam orang tersangka dalam tragedi Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (6/10/2022) malam.

Pengumuman tersangka oleh Kapolri untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi yang sebelumnya memerintahkan tragedi Kanjuruhan Malang agar diusut tuntas dengan membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Kanjuruhan.

Kapolri menyatakan dalam mengusut tuntas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Tim Investigasi melakukan kegiatan secara maraton, cepat, tetap berhati-hati, dan science tifik.

Baca Juga: Mumpung Pas Musim Hujan, Benerin Media Tanam Pot Tanaman Hias biar Tambah Juuuooosss

Sigit menjelaskan, jalannya pertandingan lancar, namun pada akhir pertandingan muncul reaksi dari penonton dengan adanya beberapa suporter yang masuk lapangan.

Kemudian tim melakukan evakuasi pengamanan official Persebaya, menggunakan 4 unit baracuda yang berjalan satu jam lebih, dengan dipimpin langsung oleh Kapolres.

Karena ada hambatan di dalam stadion dengan ada penonton yang turun semakin banyak, akhirnya anggota melakukan penggunaan kekuatan. Termasuk saat mengamankan kiper Ara Adilson Maringa.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-17, Pelatih Timnas UEA Akui bahwa Indonesia Pantas Menang

"Ada 11 personel yang menembakkan gas air mata. Tujuh tembakan ke tribun selatan, 3 ke tengah lapangan, satu ke sisi Utara. Tujuannya mencegah penonton yang turun ke lapangan," kata Kapolri.

Kapolri mengatakan kepolisian telah memeriksa 48 orang saksi yang terdiri dari 26 personel Polri, tiga orang penyelenggara pertandingan, delapan orang steward, enam saksi yang ada di TKP, dan lima orang korban.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Magnitudo 6,2 Menguncang Jember

Selasa, 6 Desember 2022 | 15:10 WIB
X