Sejarah Singkat Makam Siti Fatimah binti Maimun di Dusun Leran Desa Manyar Gresik

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 20:51 WIB
Area makam Siti Fatimah binti Maimun di Leran Gresik (istimewa)
Area makam Siti Fatimah binti Maimun di Leran Gresik (istimewa)

beritajowo.com // Gresik - Pada tahun 1911, seorang sejarawan Belanda bernama J. P Moquette menemukan cungkup (rumah) makam berisi 4 makam wanita yang memiliki kedudukan tinggi.

Kedudukan tinggi 4 makam wanita ini dapat dilihat dari bentuk makamnya yang lebih indah dari makam di sekitarnya dan banyak yang menziarahi.

Para wanita ini adalah putri dari Sultan yang berkuasa saat itu, dengan kedudukan paling tinggi diantara 5 putri ini adalah makam Fatimah bt Maimun.

Baca Juga: Kip KuuL! Simak Cobrotan Nenek Peyot Takdir Ramalan Asmara Zodiak Pisces Taurus Leo Sagitarius 26 Oktober 2022

Beliau seorang putri Sultan Kedah yang menikah dengan sayyid Hasan, seorang pemimpin dari Jawa.

Namun dengan alasan penelitian sejarah, nisan Fatimah bt Maimun di lepas dari makamnya, dan tergeletak di depan pintu cungkup makam.

Batu nisan Fatimah bt Maimun kini tersimpan di museum Trowulan.

Keberadaan makam Fatimah bt Maimun diketahui dari penjaga makam setempat yang telah menjaga makam ini turun temurun, sejak ratusan tahun lalu.

Baca Juga: TerNew! Gebyuran Mbah Gayung Takdir Ramalan Asmara Zodiak Virgo Capricorn Cancer Aquarius 26 Oktober 2022

Melepaskan penanda makam atau nisan dan tulisan pada cungkup makam-makam kuno di Indonesia, erat kaitannya dengan usaha pemerintah kolonial untuk menghilangkan Jejak Islam di Nusantara.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Terkini

X