• Jumat, 9 Desember 2022

Menggapai Langit! Tahun Depan Cukai Rokok Resmi Naik 10 Persen

- Kamis, 3 November 2022 | 22:03 WIB
Ilustrasi cukai rokok. Pemerintah akan menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) tahun depan (https://www.pajakku.com/)
Ilustrasi cukai rokok. Pemerintah akan menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) tahun depan (https://www.pajakku.com/)

beritajowo.com // Jakarta - Tarif harga cukai hasil tembakau (CHT) rokok resmi dinaikan Pemerintah sebesar 10 persen pada tahun 2023 dan 2024.

Naiknya tarif harga cukai rokok tersebut berdasarkan hasil rapat bersama Presiden Joko Widodo dengan beberapa menteri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, (3/11/2022)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, kenaikan tarif CHT pada golongan sigaret kretek mesin (SKM), sigaret putih mesin (SPM), dan sigaret kretek pangan (SKP) akan berbeda sesuai dengan golongannya.

Baca Juga: Terungkap!!! Rahasia Daun Binahong Yang Selama Ini Tidak Kita Ketahui.

“Rata-rata 10 persen, nanti akan ditunjukkan dengan SKM I dan II yang nanti rata-rata meningkat antara 11,5 hingga 11,75 (persen), SPM I dan SPM II naik di 12 hingga 11 persen. Sedangkan SKP I, II, dan III naik 5 persen,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya, Kamis (3/11/2022).

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta agar kenaikan tarif juga berlaku untuk rokok elektrik dan produk hasil pengolahan hasil tembakau lainnya (HPTL).

Menurut Sri Mulyani, kenaikan tarif cukai untuk rokok elektrik akan terus berlangsung setiap tahun selama lima tahun ke depan.

Baca Juga: Berikut ini 3 Shio Paling Kuat di Tahun Kelinci Air 2023. Apakah Kamu Salah Satunya?

"Hari ini juga diputuskan untuk meningkatkan cukai dari rokok elektronik, yaitu rata-rata 15 persen untuk rokok elektrik dan 6 persen untuk HTPL. Ini berlaku, setiap tahun naik 15 persen, selama 5 tahun ke depan,” lanjutnya. 

Menkeu Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah menyusun instrumen cukai dengan selalu mempertimbangkan sejumlah aspek mulai dari tenaga kerja pertanian hingga industri rokok untuk penetapan CHT.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Magnitudo 6,2 Menguncang Jember

Selasa, 6 Desember 2022 | 15:10 WIB
X