• Kamis, 8 Desember 2022

BPIP: Peran Agama serta Etika dan Moral Bangsa adalah Nilai Dasar Pancasila dalam Bermasyarakat di Indonesia

- Selasa, 22 November 2022 | 16:42 WIB
Diskusi yang bertajuk Religions Diplomacy for Humanity and Global Peace, BPIP melalui Sekretaris Dewan Pengarah berharap perlu merawat agama, etika dan moral bangsa (Rilis BPIP)
Diskusi yang bertajuk Religions Diplomacy for Humanity and Global Peace, BPIP melalui Sekretaris Dewan Pengarah berharap perlu merawat agama, etika dan moral bangsa (Rilis BPIP)

beritajowo.com // Jakarta - Beberapa tokoh-tokoh lintas iman di Indonesia berkumpul dalam kegiatan diskusi yang bertajuk Global Interfaith Dialogue: Religions Diplomacy for Humanity and Global Peace, Selasa (22/11).

Dalam kegiatan diskusi tersebut, Sekretaris Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Mayor Jenderal TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia sangat perlu merawat agama, etika dan moral bangsa.

“Seperti yang kita ketahui, peran agama serta sikap etika dan moral bangsa kita telah menjadikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat bangsa Indonesia.” demikian disampaikan oleh Mayor Jenderal TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya, Selasa (22/11).

Baca Juga: Daftar Weton Super duper Hoki di Bulan Desember 2022, Apakah Kamu Termasuk Sangat Beruntung?

Kegiatan diskusi yang bertajuk Global Interfaith Dialogue: Religions Diplomacy for Humanity and Global Peace tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal yang juga mengundang beberapa tokoh-tokoh lintas iman di Indonesia.

Wisnu melanjutkan, bahwa agama merupakan peran sentral dalam menjembatani dialogi antara pihak yang bertikai dengan melibatkan nilai-nilai perdamaian yang diajakan oleh agama.

Dan karena peran agama itulah maka Forum R20 pada tanggal 2-3 November kemarin telah menghasilkan rekomendasi untuk mengatasi konflik dan pertentangan agama di seluruh dunia.

Baca Juga: Jika Doa Tak Dikabulkan Allah, Lantas Gimana? Sudah Memohon Berulang-ulang Tapi Kok Tetap Sama.

Dalam lanjutan diskusinya, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP yang juga merangkap sebagai Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) mengatakan bahwa kita harus belajar dari masyarakat di Bali.

Meski masyarakatnya mayoritas beragama Hindu, tetapi tolrenasi antar umat beragama sangat tinggi.

Halaman:

Editor: Riza Hamed Savero

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Magnitudo 6,2 Menguncang Jember

Selasa, 6 Desember 2022 | 15:10 WIB
X