Begini Dampak Positif dan Negatif Permainan Lato lato bagi Psikologi Anak

- Rabu, 4 Januari 2023 | 20:45 WIB
Lato-lato (Youtube/Zefanya Oyanio)
Lato-lato (Youtube/Zefanya Oyanio)

beritajowo.com / jakarta - Siapa ngak kenal lato lato? Ya, permainan tradisional itu kini kembali populer di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Permainan yang kini dikenal di Indonesia dengan nama lato-lato ternyata pernah menjadi salah satu mainan paling berbahaya yang pernah dipasarkan.

Tak cuma ramai dimainkan anak-anak, kalangan muda dan dewasa pun juga menggemari permainan viral ini.
Karenanya, nggak heran bila kita kerap menjumpai banyak orang sedang bermain lato lato.

Baca Juga: Netizen Ramai Beri Dukungan Gading Marten dan Luna Maya Berpacaran

Perlu diketahui, permainan lato lato tak hanya memiliki dampak poositif, namun sejatinya juga punya dampak negatif bagi psikologi anak, lho.
Berikut dampak positif dan negatif serta solusi dari adanya permainan lato lato. Yuk, simak!

• Dampak positif

- Menunjang ketangkasan fisik dan mengontrol emosi

Menurut dosen psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS), Rafika Nur Kusumawati, dengan bermain lato lato, anak bisa lebih mengontrol emosi, mengurangi stres, meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta mengasah keterampilan motorik.

“Anak bisa menguasai permainan tersebut dengan mengontrol emosi, mengontol kondisi-kondisi emosi yang ada pada diri anak itu, sehingga harus tetap tenang untuk bisa bermain lato lato,” kata Rafika Nur Kusumawati, Selasa, 3 Januari 2022.

Awalnya, saat kali pertama bermain lato lato memang terasa sangat sulit. Namun dengan mengontrol emosi yang baik dan menjaga kestabilan akan terasa mudah dalam memainkan lato-lato.

Halaman:

Editor: Surayyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X