• Sabtu, 22 Januari 2022

Ragam Ilmu Islam Kejawen

RHS
- Kamis, 6 Mei 2021 | 01:15 WIB
(istimewa)
(istimewa)

beritajowo.com // Semarang - Istilah islam kejawen sebenarnya adalah perpaduan dari ajaran Islam dengan budaya Jawa. Dimanapun tempatnya, sebenarnya ajaran agama Islam adalah mutlak sama, namun tetap bisa menyatu dengan budaya / kebiasaan di suatu daerah untuk lebih mendalaminya.

Beberapa orang mengatakan bahwa aliran Islam Jawa ini dikatakan ‘haram’ karena bersifat musyrik (menyembah selain Tuhan / menyekutukan Tuhan). Hal itu bisa dianggap keliru, karena sebenarnya lmu Kejawen itu memadukan antara ajaran Islam yang disesuaikan dengan Tirakat Jawa, jadi bukan melakukan pemujaan pada selain Allah.

Bahkan ajaran ilmu kejawen sudah lama diajarkan oleh Para Waliyullah, diantaranya Sunan Kalijaga, Sunan Muria, Sunan Kudus dan masih banyak lagi Sunan - Sunan lainnya.

Adapun jenis Ilmu Kejawen sangatlah banyak, namun secara umum aliran Islam Kejawen hanya dibagi dalam beberapa jenis keilmuwan saja.

Jenis-Jenis Ilmu Islam Kejawen diantaranya adalah sebagai berikut :

* Ilmu Kanuragan

Ilmu Kanuragan biasa digunakan untuk perlindungan diri atau ilmu kebal. Ilmu ini mengandung daya supranatural perlindungan diri, diantaranya adalah Ilmu Tenaga Dalam, pencak Silat Ghaib, Ilmu Kebal, dan Ilmu-Imu Asmak. Di masa sekarang ini, lmu Kanuragan sangat penting dimiliki, mengingat angka kriminalitas yang semakin tinggi, banyaknya perampokan, penodongan dan kekerasan. Ajaran ini berkembang sejak dulu karena jaman dahulu perang adalah makanan sehari-hari bangsa Indonesia untuk melawan penjajah sehingga hal ini sangat penting.

*Ilmu Pengasihan

Ilmu pengasihan dalam ajaran Islam Kejawen biasa disebut dengan Ilmu Kewibawaan, dimana ilmu ini penting untuk memancarkan aura seseorang. Ilmu Kejawen yang satu ini bisa digunakan untuk menaklukkan sukma, hati atau jiwa seseorang sehingga menjadi tunduk dan takluk. Bisa digunakan untuk menambah daya kepemimpinan, daya tarik / daya pikat dan bisa membuat seseorang jadi tunduk padanya. Apa yang diucapkan langsung didengar dan dilakukan. Biasanya ilmu pengasihan digunakan untuk menaklukkan seorang wanita / pria yang disayangi, menaklukkan bos/atasan, menaklukkan mertua, menaklukkan anak buah dan bisa jadi menaklukkan seseorang yang baru saja anda kenal.

Halaman:

Editor: RHS

Terkini

X