Tekan Angka Perceraian, Khofifah Siapkan Lembaga Konsultasi Keluarga

KHN
- Minggu, 20 Mei 2018 | 00:05 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

beritajowo.com / surabaya - Untuk menekan angka perceraian dan pernikahan usia dini, Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa akan menyiapkan lembaga khusus yang menyediakan konsultasi keluarga. 

Khofifah menilai, tingkat perceraian di Jawa Timur sudah memprihatinkan. Dari seluruh provinsi di Indonesia, Jawa Timur menduduki posisi pertama.

Berdasarkan data Komnas Perempuan per Maret 2016, angka keluarga cerai di Jawa Timur disebabkan tidak harmoni mencapai 21,599. Kmeudian karena tekanan Ekonomi sebanyak 20,989 dan kurangnya kesadaran akan keluaraga atau kategori tidak ada tanggungjawab di mencapai 17,975.

Demi menekan angka kritis tersebut, Khofifah ingin menyiapkan lembaga khusus yang memberikan konsultasi untuk keluarga. Lembaga ini akan memberi pendidikan keluarga baik pasca maupun pra nikah.

"Kita harus lebih banyak menyiapkan lembaga konsultasi keluarga sakinah. Itu akan menjadi bagian kemungkinan merekatkan kembali yang sudah longgar, yang sudah rapuh," kata Khofifah, seperti dikutip Detik.com.

Lembaga konsultasi keluarga sakinah akan menjadi lembaga konseling untuk masyarakat dan tidak dipungut biaya.

Kemudian, peran organisasi-organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang tersebut bisa mengambil peran. Terutama, dikatakan Khofifah organisasi kemasyarakatan agama baik NU maupun Muhammadiyyah

"Nah, bagaimana konseling itu bisa dilakukan oleh unit-unit terkecil. Di Muhammadiyyah ada Aisyiyyah, ada Nasyiatul Aisyiah. Kemudian, Muslimat di NU," pungkasnya. 

Editor: KHN

Terkini

Kekasih Nikita Mizarni Sunat, Atas Kemauan Sendiri.

Selasa, 7 Februari 2023 | 15:03 WIB

Ingin Untung Besar dengan Modal Kecil?Lakukan Ini!

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:50 WIB

Viral Video Penculik Anak di Gunduli Rambutnya

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:22 WIB
X